Breaking News:

Perlunya Ketegasan Pemerintah dalam Atur Kualitas Layanan Telekomunikasi

Salah satu yang menjadi sorotan Menteri Johnny adalah masih terdapat 3.435 daerah non komersial yang belum mendapatkan layanan telekomunikasi. 

google images
ilustrasi sinyal HP lemot 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nicolas Manafe

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada pertemuan dengan pimpinan seluruh operator telekomunikasi Menkominfo Johnny G Plate mengatakan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah melakukan evaluasi 10 tahun pertama untuk pemanfaatan pita frekuensi 800Mhz, 900Mhz dan 1800Mhz. 

Johnny mengatakan masih ada evaluasi yang harus dilakukan untuk perjalanan 10 tahun ke dua izin penyelenggaraan pemanfaatan pita frekuensi 800Mhz, 900Mhz dan 1800Mhz.  

Salah satu yang menjadi sorotan Menteri Johnny adalah masih terdapat 3.435 daerah non komersial yang belum mendapatkan layanan telekomunikasi. 

Baca juga: Kualitas Layanan Telekomunikasi Bakal Diatur Secara Rinci

Untuk mempercepat transformasi digital yang tengah dicanangkan Presiden Joko Widodo, Kominfo berencana memasukkan klausul perpanjangan izin penyelenggaraan pemanfaatan pita frekuensi dengan syarat operator memberikan komitmen untuk membangun di 3.435 daerah non komersial tersebut. 

Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio mengapresiasi dan mendukung langkah tegas yang tengah dilakukan oleh Menteri Johnny. 

Sebab selama tiga tahun terakhir kiprah Kominfo tidak terdengar dalam mengawasi dan memberikan sanksi. 

Lanjut Agus jika pemerintah tidak membuat aturan yang tegas dan memberikan sanksi, maka operator telekomunikasi akan berusaha sesuka mereka. 

“Dengan disahkannya UU Cipta Kerja dan saat ini sedang disusun RPP turunannya, hal ini dapat dijadikan momentum bagi Kominfo untuk memasukkan aturan yang selama ini belum tertuang dalam UU Telekomunikasi. Karena kita nanti akan berpegangan pada Omnibus Law maka komitmen menjaga kualitas layanan (QoS) dan komitmen pembangunan beserta sanksinya harus dimasukkan secara rinci dalam RPP POSTELSIAR,” katanya, Rabu (9/12/2020).

Baca juga: Kinerja Kuartal III Pemain Telekomunikasi, Siapa yang Terus Tumbuh Pendapatannya?

Agus mendukung Kominfo jika nantinya operator yang tidak memenuhi standar QoS dan komitmen pembangunan perpanjangan izin penyelenggaraan pemanfaatan pita frekuensi 800Mhz, 900Mhz dan 1800Mhz ditangguhkan atau dicabut. 

Halaman
12
Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved