Breaking News:

Foto Ciamik Hasil Jepretan Kamera Dari Kaleng Susu

Kamera lubang jarum ini, memang sangat sederhana, tetapi jangan salah, hasilnya mampu membuat foto-foto apik berlatar hitam putih yang ciamik

Tribun Jogja/ Rendika Fery K
Komunitas Lubang Jarum, di acara World Pinhole Camera Day, di Masjid Kotagede, Yogya, minggu (3/5/2015). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun berkembang dengan pesatnya. Kamera, sebagai piranti fotografi, telah mengalami evolusi yang panjang, berkembang dari kamera analog manual yang menggunakan film, sampai kepada kamera canggih dengan sensor digital.

Kamera masa kini bahkan dirancang menggunakan komponen canggih dan mutakhir. Kamera-kamera digital tersebut kini telah lumrah digunakan dan mungkin sudah terkesan biasa.

Lalu bagaimana dengan kamera yang terbuat dari kaleng rokok? Jarum pentUl? Apakah mungkin?

Komunitas Kamera Lubang Jarum Yogyakarta telah berhasil membuktikannya. Berbekal kaleng susu atau kaleng rokok bekas, lakban, jarum pentol dan alumunium foil, sebuah kamera lubang jarum telah dapat dibuat.

Kamera lubang jarum ini, memang sangat sederhana, tetapi jangan salah, kamera lubang jarum ini mampu membuat foto-foto apik berlatar hitam putih yang ciamik.

Komunitas Kamera Lubang Jarum Yogyakarta sendiri telah berdiri sejak tahun 17 agustus 2008.

Edial, seorang pengajar di Kelas Malam Yogyakarta, yang berkawan dengan Ray, perintis Ray Digital Yogyakarta, yang awalnya menggunakan kamera lubang jarum.

Edial sebagai pengajar Kelas Malam Yogyakarta, kemudian membawa kamera lubang jarum tersebut untuk diajarkan kepada anak-anak didik kelas malam. Habib Irsyad Kusuma, salah satu anak murid dari Kelas Malam, bersama dengan teman-teman kelas malam yang lain, lalu berinisiatif membentuk komunitas lubang jarum Yogyakarta.

Koordinator Komunitas Kamera Lubang Jarum Yogyakarta, Habib Irsyad, menuturkan, gagasan dibentuknya komunitas ini adalah mengumpulkan pecinta fotografi lubang jarum di Yogyakarta dalam satu wadah. Kegemaran mereka yang sama terhadap kamera unik, menyatukan mereka salam satu wadah, Komunitas Kamera Lubang Jarum Yogyakarta.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved