Breaking News:

Tahun Baru Imlek

Bahan Makanan Ini Wajib Ada Saat Imlek, Begini Cara Mengolahnya

Sajian khas Imlek dibuat dari bahan-bahan makanan yang dipercaya memiliki makna yang membawa kebaikan bagi yang merayakan.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pedagang menunjukkan ikan bandeng khas Imlek yang siap dijual di Pasar Rawa Belong, Jakarta, Jumat, (5/2/2016). Memasuki H-3 Tahun Baru Imlek pedagang musiman ikan bandeng khas Imlek sudah mulai menjajakan dagangannya di sepanjang Jalan Rawa Belong. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Sajian khas Imlek dibuat dari bahan-bahan makanan yang dipercaya memiliki makna yang membawa kebaikan bagi yang merayakan.

Agar sajian khas Imlek rasanya lezat tanpa mengurangi maknanya, ketahui makna bahan sajian Imlek dan cara mengolahnya.

Ikan bandeng

Menu utama perayaan Imlek dibuat dari ikan bandeng. Bandeng yang banyak durinya memiliki makna rezeki yang melimpah tak terhitung dan tak ada habisnya.

Kini memang dijual bandeng tanpa duri, tapi khusus perayaan Imlek, pilihlah bandeng yang masih berduri agar maknanya tidak hilang.

Bandeng biasanya diolah menjadi hidangan berkuah seperti pindang. Penyajian pindang bandeng saat Imlek ini merupakan hasil asimilasi budaya Cina dengan budaya setempat.

Rebung

Rebung yang bentuknya mengerucut bermakna penghidupan yang makmur dan penuh harapan.

Bau rebung memang menyengat, tapi Anda bisa menghilangkannya dengan cara mencuci bersih rebung, diiris, lalu direbus hingga terasa berbau. Buang airnya, lalu cuci rebung kemudian direbus kembali.

Ulangi cara ini hingga baunya hilang.

Halaman
12
Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved