Breaking News:

Serunya Acara Ngopi Bareng Komunitas Kopi dan Penumpang Kereta di Stasiun Gambir

Di acara ngobrol ringan ini, Kasih Hanggoro menceritakan pengalamannya 'menemukan' kopi asli Indonesia dengan citarasa unik yang dari Pengunungan Poso

IST
Meracik kopi untuk pengunjung dan penumpang kereta di acara 'Ngopi Bareng KAI' di Stasiun Gambir, Selasa (12/3/2019) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minum kopi kini makin menjadi kuat di kalangan milenial Indonesia. Di banyak sudut kota di Tanah Air termasuk Jakarta, kini bisa dengan mudah ditemukan kedai-kedai kopi. Dari yang berkelas cafe sampai kedai kopi tradisional yang menyediakan kopi enak.

Sudah selayaknya tren ini terus dirawat dan ditumbuhkan karena faktanya Indonesia memiliki ribuan jenis kopi dengan citarasa istimewa yang layak dinikmati oleh siapa saja.

Bagian dari upaya merawat dan memperbesar tradisi menikmati kopi ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Komunitas Kopi Nusantara dan Specialty Coffee Asssociation of Indonesia (SCAI) menggelar kegiatan 'Ngopi Bareng KAI'.

Sebagai salah satu event tahunan, untuk tahun 2019 ini, rangkaian kegiatan kegiatan 'Ngopi Bareng KAI' digelar selama dua hari pada 11 dan 12 Maret 2019. Pembukaan kegiatan ini dilakukan di Stasiun LRT Bumi Sriwijaya, Palembang, disusul dengan acara Ngopi Bareng di 40 kereta api  dan 20 stasiun kota dengan melibatkan tidak kurang dari 200 barista.

Memeriahkan kegiatan ini, di beberapa stasiun kereta juga digelar live musik, art show, door prize dan acara ngobrol ringan seputar kopi yang diselenggarakan di beberapa stasiun.

Puncaknya, sekaligus penutup dari seluruh rangkaian acara ini, digelar kegiatan Ngopi Bareng KAI yang diisi dengan acara konser musik, dan ngobrol seputar kopi dengan memanfaatkan area ruang tunggu penumpang di lantai dasar Stasiun Gambir, Selasa (12/3/2019) malam. 

Dirut PT KAI Edi Sukmoro hadir di acara ini bersama Wakil Ketua Bidang Pendidikan Komunitas Kopi Nusantara Kasih Hanggoro dan Tuti H Mochtar serta Ketua Specialty Coffee Asssociation of Indonesia (SCAI).

Ngopi lagi1
Jajaran manajemen PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama pegiat Komunitas Kopi Nusantara dan Specialty Coffee Asssociation of Indonesia (SCAI) di acara Ngopi Bareng KAI di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Di acara ngobrol ringan ini, Kasih Hanggoro menceritakan pengalamannya 'menemukan' kopi asli Indonesia dengan citarasa unik yang dari kebun kopi rakyat di pegunungan Poso.

Kopi jenis robusta ini sepenuhnya dihasilkan dari perkebunan rakyat dan oleh Kasih Hanggoro kemudian diberikan branding Kopi Napu.

"Jika rasa kopi robusta umumnya memiliki rasa yang keras, citarasa kopi Napu ini sedikit lebih lembut. Di kalangan komunitas kopi, kopi yang ditanam secara organik ini disebut dengan istilah Fine Robusta," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved