Gaya Hidup Digital

3 Persamaan akan Terulang Ketika Berstatus Pelajar Maupun Mahasiswa

Bagi sebagian besar pelajar Sekolah Menengah Akhir (SMA), pasti ingin sekali untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu universi

BizzInsight
3 Persamaan akan Terulang Ketika Berstatus Pelajar Maupun Mahasiswa
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Bagi sebagian besar pelajar Sekolah Menengah Akhir (SMA), pasti ingin sekali untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu universitas dan berstatus mahasiswa.

Menariknya, sebagian besar dari mereka, menganggap ketika berstatus mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman baru. Benar sekali, ketika berstatus menjadi mahasiswa kalian akan mendapatkan banyak pengalaman baru yang lebih seru dibandingkan ketika menjadi pelajar.

Namun, yang perlu mendapatkan perhatian, ternyata terdapat 3 hal yang akan kalian rasakan kembali ketika masih berstatus pelajar maupun mahasiswa.

Kerja Kelompok

Di masa SMA dan kuliah, pastinya kalian akan mendapatkan tugas yang dikerjakan secara berkelompok dari dosen atau guru kalian. Setelah mendapatkan kelompok, biasanya akan mengerjakan tugas tersebut di rumah atau kost teman kalian.

Namun tak sedikit dari setiap anggota kelompok, pasti tidak hadir ketika mengerjakan tugas kelompok.

Nah biasanya, di bangku SMA maupun kuliah, bagi yang tidak hadir serta kurang memberikan kontribusi besar di kelompok, kalian akan mendapatkan tugas “nge-print” makalah yang sudah dikerjakan oleh teman-teman kalian.

Namun, menariknya bagi yang memberikan kontribusi besar di kelompok, kalian akan berjam-jam untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan. Akan tetapi, sering kali waktu berjam-jam tersebut tidak sepenuhnya dihabiskan untuk menyelesaikan tugas.

Bahkan bisa dikatakan ngobrol dan menghabiskan kudapan tuan rumah lebih sering dilakukan dari pada fokus dengan tugasnya.

Namun yang menjadi permasalahan, ketika tuan rumah tidak memiliki kudapan, para anggota kelompok terpaksa harus menahan lapar. Bahayanya ketika kita merasa lapar, maka fokus kita akan berkurang.

Namun untuk mengatasi hal tersebut, Gojek melalui fitur Go-Food dapat menjawab permasalahan kalian. Karena Go-Food dapat diandalkan ketika lapar, mudah digunakan, dan cocok untuk digunakan saat sibuk dengan berbagai kegiatan seperti mengerjakan tugas kelompok.

Bagi para pengguna baru aplikasi Gojek, kalian akan mendapatkan 156 ribu potongan harga ketika melakukan transaksi di Go-Food. Pembayarannya pun tidak perlu repot, pengguna baru hanya perlu menggunakan Go-Pay maka akan mendapatkan cashback setiap transaksi pembelian makanan maupun minuman.

Ilustrasi gofood Go-Food
Ilustrasi

Tak sampai disitu, para pengguna baru juga akan dimanjakan dengan 300.000 mitra merchants yang siap memberikan berbagai macam menu untuk kalian dan anggota kempok saat mengerjakan tugas. Yang perlu menjadi catatan, promo tersebut hanya berlangsung hingga 14 Juli 2019.

Masa orientasi

Di Indonesia hampir seluruh jenjang pendidikan pasti akan mengalami masa orientasi yang dilakukan di tahun pertama sebelum kalian mulai proses belajar mengajar.

Di masa orientasi SMA, kemungkinan besar kalian akan mendapatkan tugas dari kakak tingkat untuk menggunakan pernak-pernik aneh, seperti topi kerucut, papan nama, pita warna warni, tas karung, dan lainnya, yang manfaatnya pun masih dipertanyakan.

Kebiasaan tersebut, kemungkinan besar akan kalian alami lagi ketika mengikuti masa orientasi di tingkat universitas.

Organisasi

Ada kabar baik bagi kalian yang suka mengkuti organisasi ketika di bangku SMA. Pasalnya ketika memasuki jenjang perguruan tinggi, kalian juga dapat mengikuti organisasi yang tersedia di kampus.

Menariknya, ketika di kampus, kalian akan lebih banyak mendapatkan pilihan organisasi yang sesuai dengan minat kalian. Bahkan tak sedikit organisasi yang tersedia di kampus bergerak dalam bidang yang sama seperti organisasi di SMA.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) organisasi ini cukup popular di kalangan mahasiswa. Namun, jika dilihat dari program kerja yang dilakukan. Program kerja organisasi tersebut tidak jauh berbeda dengan program kerja OSIS.

Minat dengan dunia pencita alam? Tenang di universitas juga ada organisasi yang bergerak dalam bidang pencita alam. Jika dibangku SMA lebih dikenal dengan nama Siswa Pencita Alam (Sispala), namun ketika di univeritas, kalian akan lebih mengenalnya dengan Mapala (Mahasiswa Pencita Alam).

Kalian yang ketika di bangku SMA memiliki minat di dunia olahraga, tak perlu khawatir. Pasalnya di universitas kalian juga akan menemui organisasi yang bergerak di dunia olahraga. Untuk nama organisasinya di setiap kampus kemungkinan besar berbeda. Namun secara umum, organisasi yang bergerak dalam bidang olahraga, diberi nama Unit Kegiatan Mahasiswa Olahraga (UKM Olahraga).

 Penulis: Dea Duta Aulia   

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved