5 langkah berikut cegah badan menjadi “lebar-an” ketika lebaran di rumah aja

Mengingat momen lebaran identik dengan makanan yang lezat, seperti ketupat, rendang, opor ayam dan lain-lain, bisa memicu siklus makan berlebihan

TRIBUNNEWS.COM - Lebaran sebentar lagi, namun pandemi Covid-19 belum juga pergi. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk merayakan lebaran di rumah saja.

Mengingat virus Covid-19 masih menjangkiti negeri ini, dengan tidak pulang ke kampung halaman dan meminimalisir kegiatan di luar rumah, Anda bisa terbebas dari virus serta turut menghambat laju penyebaran.

Mengingat momen lebaran identik dengan makanan yang lezat, seperti ketupat, rendang, opor ayam dan lain-lain, bisa memicu siklus makan berlebihan yang tidak sehat.

Ditambah lagi, Anda disarankan untuk di rumah aja, alhasil ketika bulan puasa Anda bisa turun berat badan 5 kilogram, ketika lebaran malah naik 8 kilogram.

Agar momen lebaran di rumah aja tidak menjadi “lebar-an”, lebih baik Anda mengikuti 5 langkah berikut:

1. Atur pola makan

Makanan yang dihidangkan ketika lebaran memang sangat menggugah selera. Siapa yang menolak gurihnya ketupat sayur ditambah lezatnya rendang atau opor ayam yang disajikan di meja makan, belum lagi makanan ringan seperti kastengel, nastar atau putri salju.

Terkadang, kita merasa ‘sayang’ apabila kesempatan untuk menikmati berbagai jenis hidangan tersebut dilewatkan.

Namun ingatlah, semua makanan ini sangat berkalori tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mengatur pola makan Anda.

Misalnya, mengkonsumsi makanan yang berbahan baku santan maksimal 2 kali ketika malam takbiran dan lebaran hari pertama. Di hari berikutnya Anda batasi lebih ketat lagi, yatu hanya 1 kali dalam sehari.

Halaman
1234
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved