Minim Pencapaian, PSI Anggap Anies Gubernur Level Walikota

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti beberapa janji sang Gubernur DKI yang disebut tidaklah melebih pencapaian seorang pejabat setingkat Wali

Minim Pencapaian, PSI Anggap Anies Gubernur Level Walikota
Tribunnews.com/Fransiskus Adhiyuda
Rian Ernest 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua tahun sudah Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Semasa kampanye Pilkada DKI 2017 silam, paling tidak ada 23 janji yang ia utarakan.

Dari sekian banyak janji tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoroti beberapa janji sang Gubernur DKI yang disebut tidaklah melebih pencapaian seorang pejabat setingkat Wali Kota.

Salah satunya perihal janji penyediaan rumah DP 0 rupiah, Juru Bicara DPW PSI DKI Jakarta, Rian Ernest menjelaskan menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2017, ada sekitar lima juta warga Ibu Kota yang tidak punya rumah.

Tapi, cuma 1.790 warga Jakarta yang berhasil dirangkul Anies lewat program DP 0 rupiah tersebut.

Baca: Tiga Sikap Politik Prabowo dalam Rapimnas Gerindra

"Angka ini menurut kami terlalu kecil. Ini bukanlah pencapaian untuk lingkup tingkat Gubernur. Ini tidaklah beda dengan lingkup kerja Walikota," ucap Rian dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/10/2019).

Hal ini tak lebih dari biaya rumah DP 0 rupiah yang tidak bisa dijangkau oleh warga kalangan menengah ke bawah.

Sebab, Pemprov DKI mematok syarat penghasilan suami-istri yang bisa mengikuti program itu diharuskan bergaji Rp4 juta - Rp7 juta supaya bisa lolos verifikasi.

Selain janji penyediaan hunian DP 0 rupiah, dari sektor lapangan kerja, Anies kata Ernest juga berjanji membuka kesempatan lapangan kerja lebih luas dengan angka penyerapan 40 ribu tenaga kerja per tahun.

Artinya jika sang Gubernur DKI sudah menjabat selama dua tahun, maka bila sesuai janji semestinya ia sudah menciptakan 80 ribu tenaga kerja.

Namun sayang, tidak ada kejelasan dan transparansi berapa besar angka tenaga kerja yang dihasilkan sejauh ini.

"Kita tidak dapat cek sejauh mana janji tersebut terpenuhi. Tidak ada kejelasan maupun angka yang transparan bagaimana progres yang dicapai Anies untuk hal ini," jelas dia.

Anies kata Rian, seharusnya berbangga diri ketika pencapaiannya jauh lebih tinggi dari yang ia dapat sekarang.

PSI berharap Anies tidak cuma menjadikan janji-janji manisnya sebatas pemikat masyarakat di masa kampanye lalu, tapi bisa membuktikan janji itu di sisa masa kepemimpinannya.

"Kami berharap, Gubernur Anies Baswedan seharusnya dapat berbangga dengan pencapaian yang jauh lebih tinggi dari yang Beliau kerjakan sekarang, dan pemenuhan janji-janji manis yang seharusnya tidak hanya jadi modal pemikat di era masa kampanye dulu," ujar dia.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved