Breaking News:

Tahun Baru 2020

Ini Pemberlakuan Rekayasa Lalu Lintas dan Car Free Night di Puncak Pada Libur Nataru

Disebutkan Asep, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan polri ialah sistem jalur satu arah secara bergantian mulai dari pukul 07.30-12.00 WIB

Warta Kota/Alex Suban
ilustrasi: Kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Tol Jagorawi KM 37 ke arah Ciawi di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menyebutkan, kepolisian RI akan melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan pada jalur puncak saat hari libur natal dan tahun baru 2020.

Hal itu semua dalam payung operasi lilin 2019.

"Puncak menjadi salah satu objek yang menjadi pusat perhatian karena disana ada objek wisata dan juga sebagian saudara kita sering melakukan kegiatan ibadah natalnya di puncak," kata Asep di Gedung Humas Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Baca: Dalami Penemuan Kerangka Manusia di Septic Tank, Polri Periksa 3 Orang

Baca: Dua WNI Berhasil Dibebaskan, Muhammad Farhan Masih Disandera Abu Sayyaf

Baca: Mabes Polri: IndoXXI Website Yang Merugikan

Disebutkan Asep, rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan polri ialah sistem jalur satu arah secara bergantian mulai dari pukul 07.30-12.00 WIB. Pada siang hingga sore harinya, akan dilakukan satu arah mengarah puncak.

"Rekayasa lalin selama libur natal dan tahun baru dengan sistem satu arah secara bergantian yaitu dari jam 7.30 sampai jam 12.00 WIB. kemudian dilaksanakan one way arah puncak dan jam 13 sampai jam 17.00 dilaksanakan one way," ungkap dia.

"Ini perlu dilakukan supaya ada skala prioritas sebagaimana kemacetan baik dari bawah ataupun juga yang akan turun dari atas," sambungnya.

Di sisi lain, ia juga menginformasikan ihwal jalur alternatif yang bisa dilalui oleh pengendara untuk menghindari kemacetan. Juga kebijakan car free night dikawasan puncak saat malam tahun baru.

"Jalur alternatif semisal jalur exit Cibubur lanjut ke Cileungsi Jonggol Cianjur. Kalau exit Ciawi lanjut Cigombong Cibadak Sukabumi dan Cianjur. Lalu direncakan pada malam tahun baru dilaksanakan car free night. Disitu lebih fokus kepada pengamanan perayaan tahun baru tersebut," pungkasnya.

Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved