Mudik Lebaran 2020

Polisi Tahan Satu Unit Bus AKAP Diduga Pakai Stiker Kemenhub Palsu

Saat diperiksa, Sambodo mengatakan kondisi bus tersebut memang dalam kondisi yang sepi alias tidak mengangkut penumpang.

Dokumentasi Polda Metro Jaya via Kompas.com
Polisi menemukan enam pemudik tujuan Jawa Tengah yang nekat bersembunyi di dalam bus dan kamar mandi bus AKAP guna menghindari pemeriksaan di pos penyekatan. Peristiwa tersebut terjadi di pos pengamanan Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi, Rabu (29/4/2020) pukul 22.00. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengungkap adanya bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) yang beroperasi dengan tanda stiker Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diduga palsu.

Aksinya itu terendus patroli yang dilakukan kepolisian.

"Pada saat anggota jajaran satpatwal melakukan patroli kawasan di Cibubur pada pukul 1 dinihari, di depan Bumi Perkemahan Cibubur, melihat bus berstiker tersebut melintas, kemudian bus tersebut diberhentikan untuk pemeriksaan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Saat diperiksa, Sambodo mengatakan kondisi bus tersebut memang dalam kondisi yang sepi alias tidak mengangkut penumpang.

Kepada polisi, sang sopir mengaku usai dari Solo dan kembali ke Jakarta.

"Kondisi bus pada saat itu kosong dan alasan dari supir baru kembali dari Solo hendak menuju pool," jelasnya. 

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan, sang sopir mengaku mendapatkan stiker Kemenhub itu dari pihak ketiga yang pernah menyewa bus tersebut kepada pekerja.

"Menurut keterangan supir, stiker tersebut tidak dibeli melainkan didapatkan dari pihak EO yang sebelumnya menyewa bus untuk angkutan pekerja atau karyawan," ungkapnya.

Dia menambahkan total ada 4 bus yang disewa oleh pihak ketiga tersebut dan mendapatkan stiker Kemenhub.

Hingga saat ini pihaknya masih mendalami pihak ketiga yang memiliki tanda stiker tersebut.

Halaman
123
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved