Breaking News:

Virus Corona

Hari Ini PT KAI Kembali Operasikan 3 KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Senen

Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

WARTAKOTA/Henry Lopulalan
Suasana sepi Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis(7/5). Stasiun Pasar Senen tidak melayani keberangkatan keluar kota dan hanya melayani pembatalan tiket.(Warta kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Minggu (14/6/2020) hari ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan tiga Kereta Api (KA) Jarak Jauh.

Tiga KA tersebut yaitu KA Tegal Ekspress relasi Pasarsenen-Tegal, KA Begawan relasi Pasarsenen-Purwosari, dan KA Serayu relasi Pasar Senen-Purwokerto.

Berikut jadwal keberangkatan tiga KA itu:

1. KA 306 Begawan (Pasar Senen-Purwosari) dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.30 WIB. Tempat duduk (TD) dibatasi 70 persen, total ada 666 TD, jika kondisi normal 954 TD.

2. KA 340 Tegal Ekspress (Pasar Senen-Tegal) dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 07.40 WIB, Cikampek pukul 08.56 WIB. Tempat duduk (TD) dibatasi 70 persen. Total ada 592 TD, jika kondisi normal 848 TD.

3. KA 322 Serayu (Pasar Senen-Purwokerto) dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 9.15 WIB, Bekasi pukul 09.45 WIB, Karawang pukul 10.19 WIB, Cikampek pukul 10.40 WIB. Tempat Duduk (TD) dibatasi 70 persen atau hanya ada 444 TD, jika kondisi normal 636 TD.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pengoperasian kembali KA reguler itu mengacu pada Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7 Tahun 2020 tentang Kriteria dan Persyaratan Perjalanan Orang dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19.

Keberangkatan KA itu juga mengacu pada Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

Baca: Daftar Promo JSM Alfamart Hari Terakhir: Persiapan New Normal, Diskon Hand Sanitizer hingga Masker

"Pengoperasian kembali KA Reguler ini tentunya akan tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang diterapkan pada masa adaptasi kebiasaan baru, dan pada tahap awal, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia pada KA. Tujuannya untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan," ucap Eva dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Sabtu.

Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved