Breaking News:

Pengikut Rizieq Shihab Tewas

Setelah Cek Mobil, Komnas HAM RI Ingin Lihat Langsung Senjata Terkait Tewasnya 6 Laskar FPI

Ia berharap ke depannya timnya dapat mendalami keterangan saksi dari FPI dan petugas kepolisian. 

Tribunnews/Herudin
Keluarga dari enam laskar Front Pembela Islam (FPI) yang tewas didampingi pengacara mendatangi Komnas HAM, di Jakarta Pusat, Senin (21/12/2020). Kedatangan mereka untuk menyerahkan bukti yang dikumpulkan FPI atas kasus penembakan 6 laskar di Km 50 Tol Jakarta-Cikampek. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah melakukan pemeriksaan langsung terhadap mobil terkait insiden tewasnya enam Laskar FPI oleh Kepolisian di Tol Jakarta Cikampek pada Senin (7/12/2020) lalu, Tim Penyelidikan Komnas HAM RI hendak melihat langsung senjata terkait peristiwa tersebut.

Selain melihat langsung, Komisioner Komnas HAM RI sekaligus Ketua Tim Penyelidikan M Choirul Anam mengatakan pihaknya juga ingin melihat mekanisme pengujian senjata dari pihak Kepolisian. 

"Kalau soal senjata kami ingin lihat langsung termasuk mekanisme pengujian senjatanya," kata Anam ketika dihubungi Tribunnews.com pada Selasa (22/12/2020).

Namun demikian hingga kini belum dapat dipastikan kapan dan di mana pengujian senjata tersebut akan dilakukan. 

Anam mengatakan, hari ini Selasa (22/12/2020) timnya telah melakukan rapat konsolidasi terkait data dan informasi yang telah didapatkan untuk dilanjutkan ke proses pendalaman. 

Ia berharap ke depannya timnya dapat mendalami keterangan saksi dari FPI dan petugas kepolisian. 

"(Hari ini) Konsolidasi bahan-bahan yang telah didapatkan untuk melakukan pemeriksaan pendalaman. Harapannya pendalaman saksi FPI dan petugas polisi, termasuk terkait senjata dan lain-lain," kata Anam. 

Baca juga: Komnas HAM Ungkap Kondisi Mobil yang Dipakai Polisi dan Laskar FPI Saat Insiden di Tol Japek

Anam berharap seluruh temuan tersebut nantinya akan diuji oleh ahli dari pihaknya. 

"Semua yang kita dapatkan akan kita uji dengan ahli. Semoga bisa," kata Anam. 

Diberitakan sebelumnya Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa mobil yang digunakan oleh laskar FPI dan juga kepolisian dalam insiden di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 50. 

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved