Breaking News:

Hartono Si Pelukis Spanduk Pecel Lele, Karyanya Mejeng Hingga ke Papua 

Hartono asal Madura membagikan kisahnya awal mula merantau ke Jakarta, buka warung pecel lele hingga gantung wajan jadi pelukis spanduk pecel lele.

TribunJakarta/Satria Sarwo Trengginas
Hartono (51), sosok pelukis spanduk pecel lele di rumah kontrakannya di kawasan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi pada Senin (22/2/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Hasil karya Hartono (51) berupa spanduk pecel lele telah menghiasi berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke ujung Papua.

Dari sebuah rumah kontrakan sederhana seluas 3 x 12 meter, pria asal Desa Ngayung, Madura, Jawa Timur itu telah menghasikan sekira 4.000-an karya spanduk lukisan pecel lele.

Jumlah pengusaha pecel lele yang mengandalkan jasa lukisnya pun terus bertambah.

Hartono terlihat santai duduk di depan laptop sambil melihat-lihat desain spanduk pecel lele di rumah kontrakannya di kawasan Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Bekasi.

Hari itu, Sabtu (20/2/2021) ia tampak senggang.

Bila sedang ada pesanan, Hartono enggan menerima tamu lantaran waktunya banyak tercurahkan untuk menyablon dan melukis spanduk.

"Kalau saya ada tamu, biasanya saya cari waktu saat tidak sedang membuat spanduk. Soalnya, akan memakan waktu lama," ujarnya sambil menghembuskan asap rokok.

Baca juga: Viral Video Perayaan Momen Usai Sidang Skripsi, Gunakan Spanduk Ala Warung Pecel Lele sebagai Hadiah

Hartono bercerita tentang masa lalunya saat merantau ke Jakarta pada tahun 1992.

Ia tak langsung menjadi seorang pelukis spanduk pecel lele kala itu.

Ia bekerja ikut adik sepupunya yang membuka usaha warung sea food di kawasan Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Halaman
1234
Editor: Theresia Felisiani
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved