Breaking News:

Banjir di Jakarta

ILUNI UI Peduli : Masih Diperlukan Dapur Umum Guna Menyediakan Makanan Korban Banjir

Tim Co-DRT ILUNI UI Peduli melakukan asesmen dan koordinasi dengan untuk penyaluran bantuan bagi penyintas banjir

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PADAT OLEH PENGUNGSI - Pengungsi memadati lokasi pengungsian di GOR Perum Total.Persada, Periuk, Kota Tangerang, Senin (22/2/2021). Banjir yang masih merendam rumah mereka, membuat warga terpaksa harus mengungsi, meski dibayangi kekhawatiran terkena paparan Covid-19 di masa pandemi seperti ini. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Walaupun banjir di Jakarta dan sekitarnya telah surut, saat ini kebutuhan dapur umum untuk ratusan pengungsi masih akan berlangsung hingga 2-3 hari ke depan.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian didampingi Ketua sekaligus Koordinator ILUNI UI Peduli Endang Mariani mengatakan, makanan siap saji tetap dibutuhkan.

"ILUNI UI melalui Community Disaster Response Team (Co-DRT) ILUNI UI menyalurkan 1.500 makanan siap saji ke enam wilayah di Jabodetabek.

Selain itu, tim juga mengirimkan logistik dapur umum dan peralatan kebersihan untuk membantu pengungsi maupun masyarakat terdampak banjir," kata Endang dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Tak hanya memberikan bantuan makanan, tim Co-DRT ILUNI UI Peduli melakukan asesmen dan koordinasi dengan untuk penyaluran bantuan bagi penyintas banjir.

Baca juga: PLN: Aliran Listrik yang Terdampak Banjir di DKI Jakarta Sudah 100 Persen Menyala

Termasuk juga melakukan pemetaan wilayah terdampak, serta evaluasi kemampuan dan kekuatan yang dimiliki.

Selain di Jakarta dan sekitar, sejak tanggal 12 – 14 Februari ILUNI UI telah menjalankan misi kemanusiaan membantu korban banjir di Karawang.

Bukan hanya bantuan logistik, ILUNI UI bersama Rumah Sakit UI, ILUNI Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI, ILUNI Resimen Mahasiswa (MENWA) UI berkolaborasi dengan ASNation dan para mitra lainnya, juga memberikan layanan kesehatan di tiga titik yakni Karangligar Telukjaya, Muara Gembong, dan PakisjayaTeluk Jaya.

Berbagai persiapan terus dilakukan untuk mengantisipasi masalah kesehatan paska banjir.

Endang juga menekankan penerapan protokol kesehatan untuk para relawan yang tengah turun ke lapangan.

Baca juga: Penampakan Sumur Resapan Andalan Anies, Dewan Meragukan: Kalau Tetap Banjir, Sama Aja Bohong

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved