Breaking News:

Ratusan Warga India Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Ada 7 yang Lolos Karantina Karena Pakai Joki

Kemudian empat WNI yang membantu adalah Zakaria Ramdhan, Ahmad Sulaeman, Russian, dan Mukri.

TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat
Sebanyak 62 Warga Negara (WN) India dipindahkan dari Hotel Ibis Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (23/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Masih ingat polemik 117 warga negara asing (WNA) asal India yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu? Ternyata ada yang lolos tidak melakukan karantina selama 14 hari.

Diberitakan sebelumnya, pada Rabu (21/4/2021) lalu sebanyak 117 warga India mendarat di Bandara Soekarno-Hatta menggunakan pesawat charter dari Maskapai Air Asia QZ-988.

Selain menimbulkan polemik karena sedang ada tsunami Covid-19 di India, ternyata Polresta Bandara Soekarno-Hatta menguak tindak kriminal di dalamnya.

Usut punya usut, ada tujuh warga India dan satu warga negara Indonesia dalam penerbangan tersebut tidak melakukan karantina selama 14 hari.

Baca juga: WHO Sebut Varian B1617 Pemicu Tsunami Covid-19 di India Ditemukan di 17 Negara Termasuk Singapura

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan kalau Polresta Bandara Soekarno-Hatta sudah mengamankan lima WNA asal India yang lolos tidak ikut karantina.

"Polresta Bandara Soekarno-Hatta mengindikasikan tujuh tersangka, tapi lima sudah diamankan dan jadi tersangka, dua sudah daftar pencarian orang (DPO) dengan indikasi yang sama dan sama orang India," jelas Yusri Mapolresta Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (28/4/2021).

Menurut Yusri, ketujuh warga India yang tidak dikarantina tersebut mendapatkan bantuan dari empat orang warga negara indonesia (WNI).

Keempat WNI ini pun berperan sebagai joki untuk membantu WNA India tidak dikarantina setelah memasuki tahapan pemeriksaan surat keterangan sehat dari KKP Bandara Soekarno-Hatta dan Imigrasi.

"Tujuh WNA modus sama ada jokinya, mengurus mulai dari turun pesawat sudah ada tunggu di situ," sambung Yusri.

Halaman
12
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved