Breaking News:

Satpol PP Jakarta Pusat Tertibkan 26 PKL Tanpa Izin, Pedestrian Senen Raya Kembali Rapi

Penertiban terhdap PKL di kawasan Senen dilakukan oleh Satpol PP Jakarta Pusat selama sepekan mulai Hari Sabtu (5/6/2021) hingga Sabtu (12/6/2021)

IST
Kegiatan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang kerap berjualan di trotoar kawasan Pasar Senen oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat, Sabtu (12/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang kerap berjualan di trotoar kawasan Pasar Senen, Jakarat Pusat, Sabtu (12/6/2021).

Camat Kecamatan Senen Ronny Jarpiko mengatakan, penertiban ini dilakukan selama sepekan mulai Hari Sabtu (5/6) hingga Sabtu (12/6) lalu. Sebanyak 26 PKL ditindak oleh petugas.

Petugas menyusuri kawasan yang biasa dijadikan lapak jualan oleh PKL, mulai dari Jalan Senen Raya, Terminal Senen, Jalan Pasar Senen dan Jalan Stasiun Senen.

Pemerintah kota DKI Jakarta Pusat menerjunkan puluhan Satpol PP, Polsek Senen dan pasukan oranye dari Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) Kelurahan Senen, untuk menyisir beberapa lokasi di kawasan Senen.

“Kami dapati 26 PKL yang biasanya menggelar dagangan di (jalur) pedestrian dan keliling terminal sehingga kami tertibkan,” ucap Ronny Jarpiko, Rabu (16/6/2021).

Penertiban PKL Senen2
Kegiatan penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang kerap berjualan di trotoar kawasan Pasar Senen oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat, Sabtu (12/6/2021).

Dia menjelaskan, keberadaan PKL di sepanjang jalan-jalan tersebut, khususnya di Jalan Pasar Senen atau di depan Pasar Senen Jaya, memang kerap membuat arus lalu lintas tersendat.

“Para PKL tidak hanya berjualan di atas trotoar, namun juga di tepi jalan. Ini yang bikin kawasan Senen masih ruwet, karena itu kami lakukan penertiban,” ungkapnya.

Baca juga: Bupati Kebumen Janji Menata PKL di Kawasan Alun-alun, Diberikan Tenda, Gerobak Meja Hingga Kursi

Ronny menambahkan, kegiatan ini juga dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar selalu menerapkan protokol kesehatan di tengah situasi pandemi virus Covid-19 seperti saat ini.

Pihaknya juga melakukan pengawasan ketat kepada seluruh lapisan masyarakat yang berkegiatan di kawasan Senen untuk wajib menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak.

Baca juga: Usai Diresmikan Jokowi, Masjid Istiqlal Dijaga Satpol PP, Halau para PKL

"Tujuannya untuk menekan resiko penularan virus, kegiatan juga tetap bisa berjalan dengan baik dan sehat,” terang Ronny.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved