Si Seksi Pembobol Citibank

MA Perberat Hukuman Subisider Malinda Dee

Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya hukum Kasasi yang diajukan oleh Terdakwa kasus pencucian uang nasabah Citibank, Malinda Dee

MA Perberat Hukuman Subisider Malinda Dee
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Malinda Dee

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mahkamah Agung (MA) telah menolak upaya hukum Kasasi yang diajukan oleh Terdakwa kasus pencucian uang nasabah Citibank, Malinda Dee yang diputus pada hari Selasa kemarin.

"Menyatakan terdakwa terbukti secara sah melakukan tindak pidana perbankan secara bersama-sama dan berulang dan pencucian uang yang dilakukan secara berulang," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Mansyur dalam jumpa persnya yang digelar di Gedung MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (17/10/2012).

Tidak hanya menolak Kasasi Terdakwa Malinda Dee, Djoko Sarwoko selaku Ketua Majelis Kasasi yang beranggotakan dan anggota Komariah Sapardjaja dan Sri Murwahyuni juga memperberat hukuman subsider Terdakwa, yakni hukuman kurungan selama 1 tahun apabila tidak membayar denda Rp 10 Miliar.

"Putusan ini memperbaiki pada amar, di tingkat PT dan PN, menghukum dengan kurungan delapan tahun dan denda sebesar Rp 10 miliar subsider sebelumnya tiga bulan diganti menjadi satu tahun," ucap Ridwan Mansyur.

Sebelumnya, PN Jaksel menjatuhkan vonis 8 tahun penjara kepada Malinda Dee karena terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana perbankan dan pencucian uang yang didakwakan kepadanya. Selain penjara 8 tahun, mantan Relationship Manager Citibank itu juga dijatuhi denda sebesar Rp 10 miliar subsider enam bulan.

Ditingkat banding, PT DKI Jakarta juga menguatkan putusan PN Jaksel. Istri siri artis dan bintang iklan, Andhika Gumilang itu dijatuhi denda Rp10 miliar dan apabila tidak dibayar akan diganti pidana kurungan tiga bulan.

Melinda dianggap terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana perbankan pasal 49 ayat 1 huruf A UU Perbankan jo pasal 55 ayat 1 jo pasal 65 ayat 1 KUHP. Selain itu, dia juga dianggap melanggar pasal 3 ayat 1 huf B UU Pencucian Uang jo pasal 65 ayat 1 KUHP. Melinda juga melanggar Pasal 3 UU No 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

Empat dakwaan yang dikenakan kepada Malinda terdiri atas dua dakwaan yakni dakwaan primer Pasal 49 Ayat (1) huruf a UU Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan UU No 10 Tahun 1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP serta dakwaan subsider pertama, Pasal 49 Ayat (2) huruf b UU No 7/1992 sebagaimana telah diubah dengan UU No 10/1998 tentang Perbankan juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Malinda juga dianggap terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencucian sebagaimana disebutkan dalam dakwaan subsider kedua Pasal 3 Ayat (1) Huruf b UU No 15/2002 sebagaimana telah diubah dengan UU No 25/2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP dan dakwaan subsider ketiga Pasal 3 UU No 8/2010 tentang Pencegahan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 65 Ayat (1) KUHP.

Klik:


Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved