Ratu Atut dan Kroni

Wawan Punya Diskotek dan Transfer Dana ke DJ

Wawan ratusan kali melakukan transaksi mencurigakan. Pada masing-masing transaksi, nilainya mencapai miliaran rupiah.

Wawan Punya Diskotek dan Transfer Dana ke DJ
henry lopulalan
Tubagus Chaeri Wardana alias wawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Tersangka kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, terdeteksi pernah mengirim uang ke para artis dan sedikitnya lima orang disc jockey atau DJ. Dua di antaranya adalah DJ Hizkia dan DJ Riri Mestica.

Menurut sumber di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), data pada dokumen Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menunjukkan, Wawan ratusan kali melakukan transaksi mencurigakan. Pada masing-masing transaksi, nilainya mencapai miliaran rupiah.

Sumber tersebut menambahkan, Wawan juga terdeteksi mengirimkan uang ke artis pekerja di industri hiburan. "(Yang menerima) Ada yang berprofesi sebagai DJ," ujar sumber di KPK, Rabu (19/2/2014). Menurutnya, DJ yang kecipratan dana dari Wawan di antaranya adalah DJ Hizkia dan DJ Riri Mestica.

Bahkan, beberapa pekerja di dunia hiburan tersebut mendapatkan mobil mewah Wawan. Namun, hingga kemarin, KPK masih menyelidiki data dari PPATK tentang transaksi Wawan tersebut. "Kami melakukan pendalaman dahulu, baru bergerak," jelasnya.

Hingga Rabu petang, DJ Riri tidak merespons panggilan telepon dan pesan singkat yang dikirimkan kepadanya.

Punya diskotek
Kuasa hukum Wawan, Maqdir Ismail mengaku belum mendengar pengakuan Wawan tentang aliran dana dan mobil ke para DJ. Namun, Maqdir mengakui kliennya mempunyai beberapa diskotek di Jakarta.

"Mereka memang punya diskotek di Jakarta. Jumlahnya diskoteknya saya belum tahu," ungkap Maqdir.

Menurut Maqdir, menjadi hal yang wajar apabila Wawan melakukan pembayaran ke para artis ataupun DJ sebagai pengisi acara di diskoteknya. "Logikanya, itu pembayaran untuk orang-orang yang mengisi acara. Itu profesional," ungkap Maqdir.

Disc jockey atau DJ adalah peramu musik yang diskotek. Seorang DJ dituntut mampu mengolah musik  disko yang dimainkan dari piringan-piringan digital  (disc). Kepiawaian DJ meramu musik, dapat mempengaruhi jumlah pengunjung sebuah diskotek.

Tentang pemberian mobil dari Wawan ke DJ, Maqdir mengaku belum tahu. "Saya belum tahu kalau di antara DJ itu dapat mobil. Yang pasti, uang ke mereka pasti untuk pembayaran kegiatan secara profesional," imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Abdul Qodir
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved