Membaca Calon KSAU Baru

Siapa KSAU baru yang akan ditunjuk menggantikan Hadi Tjahjanto, pada 12 Desember lalu saat mengunjungi Markas Kopassus TNI AD

Membaca Calon KSAU Baru
Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi tentang penugasan prajurit TNI pada perwakilan Indonesia di luar negeri, bertempat di Gedung Pancasila Kemenlu RI, Jakarta Pusat, Rabu (20/12/2017). TNI akan menyiapkan prajurit-prajurit terbaik, yang memiliki dedikasi, loyalitas, profesional dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas mengamankan perwakilan RI di luar negeri yang rawan dan atau berbahaya. (PUSPEN TNI) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Marsekal TNI Hadi Tjahjanto tidak hanya menjabat Panglima TNI, ia juga masih merupakan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU).

Pasalnya sejak dilantik menjadi Panglima TNI pada 8 Desember lalu, pangganti dirinya sebagai KSAU belum juga ditunjuk. Sehingga ia hingga kini belum menyerah terimakan jabatan KSAU ke siapapun.

Siapa KSAU baru yang akan ditunjuk menggantikan Hadi Tjahjanto?

Pada 12 Desember lalu saat mengunjungi Markas Kopassus TNI AD di Cijantung, Jakarta Timur, ia menjelaskan bahwa proses penunjukan KSAU baru, masih berlangsung di internal TNI AU.

Baca: Inilah Nama Perwira TNI AU yang Berpeluang Jadi KSAU Gantikan Marsekal Hadi

Proses uji kelayakan dan kepatutan masih berlangsung, dan rencananya sang kandidat KSAU baru akan diserahkan ke Presiden RI. Joko Widodo, untuk ditentukan.

Hadi Tjahjanto kepada wartawan pada 7 Desember lalu usai menerima rombongan DPR di rumah dinasnya, di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pernah menyebutkan bahwa siapapun yang berhak untuk diusung sebagai KSAU adalah Jenderal TNI AU bintang tiga, atau Marsekal Madya (Marsdya).

Saat ini ada empat Jenderal bintang tiga TNI AU, yang masih aktif.

Mereka adalah: Marsdya Yuyu Sutisna, lulusan Akademi TNI AU tahun 1986, yang kini menjabat Wakil KSAU, Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja, lulusan Akademi TNI AU tahun 1983, yang kini menjabat Sekjen Kementerian Pertahanan, Marsdya Bagus Puruhito, lulusan Akademi TNI AU tahun 1984, yang kini menjabat Wakil Gubernur Lemhanas.

Halaman
123
Penulis: Nurmulia Rekso Purnomo
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved