Reuni Akbar Sumbangsih Jakarta

Sumbangsihku Untuk Bangsa, Persembahan Alumni Sumbangsih Lintas Angkatan

Dalam rangka memperingati HUT Yayasan Perguruan Sumbangsih Jakarta Ke-65, para alumni lintas angkatan TK,SD,SMP dan SMA Sumbangsih

Sumbangsihku Untuk Bangsa, Persembahan Alumni Sumbangsih Lintas Angkatan
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO
Memperingati perayaan HUT Yayasan Sumbangsih Jakarta ke-65 tahun SMA Sumbangsih Jakarta, yang diketuai Wiryoadi D Soewarto, alumni dan murid kelas 10 dan 11 mengadakan kegiatan yang diberi tajuk 'Telisik' Ayo Memotret, Ayo Nenulis, Ayo Ber Musik, yang berlokasi di Musium Bahari, Sunda Kelapa, Jakarta, Sabtu (3/2/2018). Terlihat turun dari bus para alumni dan murid-murid ini langsung sibuk mencari objek pemotretan dari berbagai sudut pandang mereka masing-masing untuk dibidik baik dari kamera DSLR maupun dengan HP mereka. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT Yayasan Perguruan Sumbangsih Jakarta Ke-65, para alumni lintas angkatan TK,SD,SMP dan SMA Sumbangsih menggelar reuni akbar dengan melakukan serangkaian kegiatan positif, dalam sebuah wadah tema besar “Sumbangsihku Untuk Bangsa”.

Kegiatan diawali dengan menggelar acara bertajuk "TELISIK", yaitu lomba yang meliputi 3 pokok kegiatan Ayo Memotret, Ayo Menulis dan Ayo Bermusik yang berlangsung di Museum Bahari yang terletak dikawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jalan Pasar Ikan, Jakarta, Sabtu (3/2/2018) lalu.

Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta.
Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Kegiatan memotret di Museum Bahari para peserta yang jumlahnya sekitar 60 siswa siswi SMA Sumbangsih aktif dari kelas 10 dan kelas 11 tersebut diberikan kebebasan untuk memotret objek yang ada di sekitar museum yang kemudian dijadikan produk slide show.

Selanjutnya hasil dari pemotretan peserta diminta untuk menulis (capture) atau menerapkan teks secara slide show, dengan menggunakan bahasa yang informatif untuk memperjelas makna dari hasil pemotretannya dan kemudian para peserta diminta untuk melengkapi karyanya dengan menambahkan karya musik sebagai musik latar (back ground) dari slide show yang telah dibuatnya.

Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta.
Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Hasil karya tersebut nantinya akan ditayangkan pada acara puncak di layar utama yang akan digelar pada tanggal 18 Maret 2018, bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) anjungan DKI Jakarta. Selain itu juga akan dijadikan semacam Vlog yang akan ditampung dalam situs resmi yang telah dipersiapkan oleh panitia dengan alamat www.untukbangsa.id.

Disela acara kegiatan yang berlangsung di Museum Bahari, Ketua panitia Wiryoadi D Soewarto mengatakan, "Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali bakat dan minat para siswa dalam bidang seni fotografi, jurnalistik dan bermusik. Dimana nantinya para siswa akan mempunyai semacam pengetahuan dasar fotografi, jurnalistik dan bermusik, ” jelasnya lalu menyruput segelas kopi.

Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta.
Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Lebih jauh Wiryoadi menambahkan, “Sebenarnya goalnya bukan itu saja, dengan memberikan kegiatan positif kepada para siswa ini, kami berharap agar adik-adik kita ini tidak lagi memikirkan hal-hal yang negatif seperti Tawuran, Narkoba dan lain-lain,” pintanya.

Usai menggelar acara kunjungan ke Museum Bahari, panitia sudah mempersiapkan acara selanjutnya yaitu berupa pentas musik di panggung terbuka selama 1 (satu) jam, yang akan digelar di Jl. MH. Thamrin, Jakarta pada acara ‘Car Free Day’.

Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta.
Kegiatan Telisik Sumbangsih Jakarta. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Dalam acara tersebut diharapkan para alumni dari sekolah Sumbangsih yang sekarang menjadi pejabat, publik figure, atau artis seperti Laksamana Sukardi, Miranda Gultom, Mona Ratuliu, Olla Ramlan, Marcella Zalianty, Henidar Amroe dan lain-lain bisa hadir bergabung.

“Semoga pada acara panggung terbuka "car free day" nanti para publik figure atau artis alumni Sumbangsih seperti Olla Ramlan, Marcella Zalianty, Miranda Gultom dan lain-lain bisa hadir dan bergabung disini, juga pada saat acara puncak yang akan digelar pada tanggal 18 maret nanti, ” pungkas Wiryoadi alumni angkatan 81 SMA Sumbangsih Jakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Wiryoadi D Soewarto.
Ketua Panitia Penyelenggara Wiryoadi D Soewarto. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Meskipun baru pertamakali digelar, apa yang dilakukan oleh para alumni Sumbangsih ini merupakan contoh positif yang nyata. Jika segala sesuatunya memungkinkan, pihak panitia berencana menggelar kegiatan ini setiap tahun. Semoga apa yang telah dirintis ini isa menjadi pilot poject sebuah contoh positif yang bisa diikuti oleh para alumni sekolah-sekolah lain.

Penulis: FX Ismanto
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved