Breaking News:

Suap di Pengadilan

Suami Dituntut 6 Tahun Penjara, Istri Aditya Moha Menangis

Selain tuntutan enam tahun penjara, Aditya Moha juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp200 juta

Theresia Felisiani/Tribunnews.com
Aditya Anugrah Moha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Partai Golkar, Aditya Anugrah Moha dituntut enam tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum pada KPK dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (9/5/2018).

Oleh jaksa, Aditya Moha‎ dinilai terbukti menyuap Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sudiwardono guna membebaskan ibundanya dari jeratan hukum.

Selain tuntutan enam tahun penjara, Aditya Moha juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp200 juta dengan subsider dua bulan kurungan dan biaya perkara Rp 7500.

"Menuntut, supaya majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memutuskan, menyatakan terdakwa Aditya Anugrah Moha terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi," ucap jaksa Ali Fikri saat membacakan surat tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dalam menyusun surat tuntutan, jaksa Ali menjelaskan pihaknya mempertimbangkan sejumlah hal. Hal yang memberatkan yakni, perbuatan Aditya dinilai bertentangan dengan program pemerintah yang gencar dalam pemberantasan korupsi.

Selanjutnya sebagai wakil rakyat dan anggota DPR, Aditya dinilai tidak memberi suri tauladan kepada masyarakat. Termasuk suap yang diberikan Aditya kepada Sudiwardono juga menciderai proses penegakan hukum di Indonesia.

"Sementara hal yang meringankan, terdakwa masih memiliki tanggungan keluarga dan bersikap sopan selama persidangan," terang jaksa Ali.

Usai mendengar tuntutan jaksa, istri dari Aditya Moha‎ yang turut hadir di persidangan langsung menangis. Dia tidak kuasa menahan air mata yang terus membasahi pipinya.

Bukan hanya sang istri, keluarga yang juga hadir di persidangan ikut menangis. Usai persidangan, Aditya Moha tampak tegar. Dia menyalami dan merangkul keluarga besarnya.

Khusus pada sang istri, Aditya Moha langsung mencium kening sang istri serta menghapus air mata istrinya. "Sudah tidak papa," katA Aditya Moha.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved