Lewat Validitas Rekaman Suara, KPK Meyakini Pengacara Lucas Bantu Pelarian Eddy Sindoro

KPK meyakini pengacara Lucas membantu Eddy Sindoro, mantan petinggi Lippo Group untuk dapat keluar masuk Indonesia tanpa pemeriksaan petugas Imigrasi.

Lewat Validitas Rekaman Suara, KPK Meyakini Pengacara Lucas Bantu Pelarian Eddy Sindoro
Ilham Rian Pratama
Juru Bicara KPK Febri Diansyah 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meyakini keterlibatan pengacara Lucas dalam upaya membantu Eddy Sindoro, mantan petinggi Lippo Group untuk dapat keluar masuk Indonesia tanpa pemeriksaan petugas Imigrasi.

KPK meyakini kesahihan ahli digital akustik yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK dalam proses persidangan. Ditambah JPU KPK juga menghadirkan 16 orang saksi.

"KPK meyakini ahli di bidang forensik suara ucap ini lebih valid secara teknis dan hukum untuk membuktikan identiknya suara terdakwa (Lucas) atau pihak lain dengan bukti penyadapan yang sudah dimiliki KPK," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

"Dugaan komunikasi antara Lucas dengan Eddy Sindoro serta pihak-pihak lain termasuk bukti-bukti yang diajukan di persidangan," imbuhnya.

Baca: Kuasa Hukum Eddy Sindoro Kembali Pertanyakan Keabsahan Alat Bukti dari KPK

Dengan begitu, KPK semakin yakin adanya keterlibatan Lucas dalam upaya membantu Eddy Sindoro.

Baca: KPK Serahkan Barang Rampasan Senilai Rp 110 Miliar Kepada Kejaksaan Agung dan BNN Besok

"Dalam proses penyidikan hingga persidangan juga sudah terungkap hasilnya sangat meyakinkan bahwa suara pembicara (terdakwa, Lucas) identik dengan suara dalam rekaman penyadapan yang  diajukan oleh KPK," tegas Febri.

Terkait dengan sangkaan bahwa Lucas tak memiliki kepentingan dalam pelarian Eddy Sindoro, menurut Febri hal tersebut sudah dibuktikan di persidangan.

JPU telah membuka rekaman suara antara Lucas dengan Eddy Sindoro. Bahkan, rekaman sopir pribadi Lucas pun turut diberikan ke majelis hakim sebagai bukti.

Baca: Billy Sindoro Bantah Janjikan Uang Rp 10 M ke Bupati Bekasi Terkait IPPT

Oleh karenanya, Febri menegaskan bahwa keterlibatan Lucas dalam pelarian Eddy Sindoro kian terang.

Halaman
123
Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved