Rencana Pemindahan Ibu Kota

Jakarta akan Disulap Seperti New York

JK berpandangan, pemisahan pusat pemerintahan dan pusat perdagangan memang diperlukan, seperti halnya di Amerika Serikat.

Jakarta akan Disulap Seperti New York
HandOut/Istimewa
Hasil tangkapan kamera realme 3 Pro menggunakan mode nightscape mengabadikan keindahan malam di Ibu Kota Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkap Jakarta akan dipersiapkan menjadi pusat perdagangan seperti New York, di Amerika Serikat. 

JK berpandangan, pemisahan pusat pemerintahan dan pusat perdagangan memang diperlukan, seperti halnya di Amerika Serikat.

"Jakarta ini bagaimana menjadi kota dagang yang fokus kayak New York. Jadi nanti cita-cita ke depan seperti itu Jakarta. Ada Washington jadi Ibu kota yang lebih kecil, ada New York yang menjadi kota dagang dan kota bisnis serta kegiatan lainnya masyarakat itu," ujar JK  di Istana Wapres Merdeka Selatan,Selasa (30/4).

Sejauh ini, JK mengatakan, belum ada keputusan di mana ibu kota atau pusat pemerintahan, akan dipindah.  JK menerangkan, ada beberapa tolak ukur yang perlu dipertimbangkan, untuk memindahkan ibu kota seperti, letaknya harus strategis, penduduknya mempunyai toleransi yang baik, harus bersifat nasionalisme

"Ini butuh riset yang betul dan pemilihan yang betul dan adil. Baru dalam tahap studi, belum ada persiapan fisik, karena tempat pun belum dipilih," kata dia.

Baca: Sempat Diisukan Tewas, Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Muncul Kembali dalam Video Propaganda

Baca: Presiden KSPSI: Jangan Percaya Hoax Aksi May Day Akan Rusuh

Baca: Fotografer Ini Tak Sengaja Temukan Foto Lawas Jokowi Cium Tangan Gus Dur, Caption Foto Jadi Viral!

Bappenas telah merampungkan kajian tahap pertama rencana pemindahan ibu kota ke luar Jakarta. Kajian tersebut terfokus pada tiga wilayah yang menjadi kandidat utama pengganti Jakarta. Di antaranya, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) Presiden Jokowi mengungkapkan, tiga kandidat wilayah yang bakal menjadi lokasi pemindahan ibu kota. Ketiganya  yakni  Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi dan Pulau Kalimantan.

"Bisa di Sumatera, tapi kok nanti yang timur jauh. Di Sulawesi agak tengah tapi di barat juga kurang.  Di Kalimantan kok di tengah tengah. Kira kira itu lah," ujarnya usai meninjau buruh di PT KMK Global Sports I, Keluraham Talagasari, Kecamatan Cikupa, Tangerang, Banten.

Tiga kandidat wilayah itu merupakan kelanjutan dari Rapat Terbatas (Ratas) membahas tindak lanjut rencana pemindahan ibu kota di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4) dua hari lalu.

Meski sudah ada tiga kandidat, Jokowi menegaskan mana yang bakal dipilih belum diputuskan dalam rapat. 

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved