Lebaran 2019

BKN: Tak Ada Penambahan Cuti Bersama, PNS Diharap Patuhi Keputusan Presiden

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan tak ada lagi penambahan cuti bersama bagi PNS tahun 2019 ini.

BKN: Tak Ada Penambahan Cuti Bersama, PNS Diharap Patuhi Keputusan Presiden
Istimewa
Ilustrasi: Jokowi bersama sejumlah PNS 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan tak ada lagi penambahan cuti bersama bagi PNS tahun 2019 ini.

Untuk itu diharapkan, PNS dapat memaksimalkan cuti bersama, sesuai Keputusan Presiden (Kepres) nomor 13 tahun 2019 tentang cuti bersama PNS tahun 2019.

Baca: Ketua DPR Sebut Generasi Muda Kunci Kekokohan Bangsa Indonesia

"Untuk menjamin keberlangsungan pelayanan publik. Seluruh PNS diminta menjalani masa cuti sesuai ketentuan," ujar Kabiro BKN Mohammad Ridwan di Jakarta, Selasa (28/5/2019).

PNS dapat mengajukan cuti dengan catatan dan alasan tertentu, sehingga jika PNS akan mudik ke kampung halaman diimbau untuk memperhitungan waktu dengan baik sesuai Kepres.

Diketahui dalam aturan yang ditanda tangani Presiden Jokowi, PNS mendapatkan cuti bersama pada 3,4, dan 7 Juni 2019 saat Hari Raya Idul Fitri 2019 dan pada 24 Desember 2019 saat perayaan Natal.

Baca: Polisi Kembali Tangkap 3 tersangka Pembakar Polsek Tambelangan

"PNS yang memperpanjang cuti di luar aturan Kepres tanpa prosedur sebelumnya akan dikenakan sanksi hukuman displin sesuai PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Displin PNS," jelas Ridwan.

Sementara, untuk peringatan Hari Pancasila pada 1 Juni 2019 yang waktunya berdekatan dengan cuti bersama, PNS diminta tetap melangsungkan upacara.

Bagi yang mengajukan cuti pada tanggal tersebut, PNS harus tetap mengikuti upacara yang diselenggarakan instansi yang bersangkutan dengan membawa formulir bukti yang diatur Pejabat Pembina instansi masing-masing.

Cuti bersama

Halaman
123
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved