Ibadah Haji 2019

Banyak yang Tak Pakai, Ini Pentingnya Alas Kaki Bagi Jemaah Indonesia yang Menjalankan Ibadah Haji

Petugas kesehatan haji Indonesia masih sering menemukan jemaah haji Indonesia yang tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas di luar ruangan.

Banyak yang Tak Pakai, Ini Pentingnya Alas Kaki Bagi Jemaah Indonesia yang Menjalankan Ibadah Haji
Istimewa
Banyak jemaah haji asal Indonesia yang tidak memperhatikan hal-hal penting yang sudah diingatkan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci. Hal paling sering menjadi permasalahan jemaah haji adalah penggunaan alas kaki. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Petugas kesehatan haji Indonesia masih sering menemukan jemaah haji Indonesia yang tidak menggunakan alas kaki saat beraktivitas di luar ruangan.

Usai menjalankan shalat di masjid para jamaah juga ada yang tidak menggunakan alas kaki saat kembali ke penginapan.

Ada berbagai alasan para jemah tidak menggunakan alas kaki seperti lupa membawa, atau lupa tempat menyimpannya saat menjalankan ibadah.

Padahal alas kaki sangat berguna untuk melindungi telapak kaki dari panasnya jalanan di sekitar lokasi ibadah.

Kaki yang langsung menginjak jalan yang panas dapat menyebabkan kaki melepuh sehingga ibadah jadi tidak maksimal.

“Dari laporan di lapangan, para petugas sering ketemu jemaah yang tidak bersendal. Ini berisiko buat jemaah,” ucap dr.Linda Sunarsih, Koordinator Tim Promotif Preventif (TPP) 2019 melalui keterangan tertulisnya.

Sebagai langkah pencegahan, Tim Promotif Preventif (TPP) dan Tim Gerak Cepat (TGC) lamgsung memberikan sendal jepit secara gratis saat menemukan jemaah haji Indonesia yang tidak menggunakan alas kaki.

“Sandal dibeli dari dana Kemenkes sebagai komitmen Kemenkes dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi jemaah haji,” jelas Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes.

Agar tidak lupa menyimpan sandal jepit para jemaah juga disarankan membawa kantong kecil untuk tempat penyimpanan atau titip sendal ditempat penitipan.

Selain sandal jepit, para petugas kesehatan juga terus mengingatkan para jemaah haji Indonesia untuk membawa dan menggunakan alat perlindungan diri (APD) saat diluar ruangan seperti masker dan water spray.

Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved