Kemenkumham Vs Pemkot Tangerang

Sepakat Damai dan Cabut Laporan, Wali Kota Tangerang Janji Bakal Silaturahmi dengan Menteri Yasonna

Sekjen Hadi Prabowo sukses mendamaikan perseteruan antara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dengan Mendagri, Yasonna Laoly.

Sepakat Damai dan Cabut Laporan, Wali Kota Tangerang Janji Bakal Silaturahmi dengan Menteri Yasonna
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Dari kiri ke kanan Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Gubernur Banten Wahidin Halim, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, dan Sekjen Kemenkumham Bambang Rantam Sariawanto saling berjabat tangan usai menyelenggarakan rapat koordinasi yang berlangsung di Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Sekjen Hadi Prabowo sukses mendamaikan perseteruan antara Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dengan Mendagri, Yasonna Laoly.

Hasil dari mediasi, Kamis (18/7/2019) di Kantor Kemendagri, keduanya sepakat berdamai dan saling cabut laporan yang sudah dibuat di Polres Tangerang.

Diketahui Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham Bambang Wiyono melaporkan dugaan penyalahgunaan lahan Kemenkumham di Kota Tangerang oleh ‎Wali Kota Arief.

Sementara itu, Pemkot Tangerang juga melaporkan pihak Kemenkumham dengan tuduhan mendirikan bangunan tanpa izin (IMB).

Baca: Pesan Keluarga Cendana: Tiket Wisata TMII Jangan Sampai Dimahalkan

Baca: Komplotan Becak Hantu Terbongkar, Tiga Pelaku Diringkus Dua Ditembak, Ini Modusnya

"Segera deh habis ini saya akan telepon, saya suruh cabut (laporan). Pokoknya entar dicabut. Penjelasan Pak Sekjen Kemendagri sudah jelas dan Pak Gubernur kami Pemkot Tangerang akan mengikuti arahan beliau," ucap Arief saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat.

Arief sendiri tidak mengetahui mengapa Menteri Yasonna tidak hadir dan hanya diwakili oleh Sekjen Bambang Rantam Sariwanto. Meski tidak hadir, Arief mengaku telah menitipkan salam hormat untuk Menteri Yasonna.

Dengan lahirnya kesepakatan damai dan saling cabut laporan yang di mediasi oleh Kemendagri, Arief berharap ini adalah jalan keluar terbaik untuk Kota Tangerang dan Kemenkumham.

"Belum ada pembicaraan langsung dengan Menkumham tappi tadi saya sudah sampaikan salam hormat saya kepada Pak Menteri," singkatnya.

Dikonfirmasi apakah bakal ada pertemuan langsung antara dirinya dengan Menteri Yasonna? Arief berjanji dia bakal bersilaturahmi dengan Yasonna.

"Ya pasti lah (silaturahmi). Saya pikir kan beliau menteri‎, saya wali kota, saya pastinya tetap akan silaturahmi sama beliau," imbuhnya.

Untuk diketahui, sempat terjadi perseteruan hingga aksi saling sindir antara Wali Kota Arief dengan Menkumham Yasonna.

Ini bermula dari Yasonna yang menyindir Wali Kota Arief dengan menyebut Pemkot Tangerang menghambat perizinan di lahan Kemenkumham.

Perseteruan kian memuncak saat Pemkot Tangerang tidak melayani pelayanan di atas lahan Kemenkumham khususnya perkantoran hingga ada komunikasi dengan Kemenkumham.

Atas peristiwa itu, Wali Kota Arief mengaku ‎sudah mengirimkan surat klarifikasi ke Kemendagri dan kemenkumham serta tembusan ke Presiden Jokowi.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved