Mati Listrik di Ibu Kota dan Sekitarnya

Usut Penyebab Kasus Mati Listrik Massal, Polisi Masih Dalami Dua Titik di Pemalang dan Jakarta

Polisi enggan terburu-buru dalam menyelidiki penyebab blackout yang merugikan warga, terutama warga Ibukota.

Usut Penyebab Kasus Mati Listrik Massal, Polisi Masih Dalami Dua Titik di Pemalang dan Jakarta
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengunjung makan ditemani lampu tempel karena gelap akibat pemadaman listrik, di Rumah Makan Ampera, Jalan Leuwipanjang, Kota Bandung, Minggu (4/8/2019). PLN melakukan pemadaman listrik di wilayah Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta dari suang hingga sore karena ada gangguan di Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Transmisi Ungaran-Pemalang. Pemadaman ini telah merugikan aktivitas perekonomian terutama UMKM, seperti konveksi, toko, rumah makan, dan yang lainnya. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim investigasi Bareskrim-PLN masih terus menyelidiki dan mengusut penyebab kasus gangguan listrik atau blackout yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya pada Minggu (4/8/2019) lalu.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan hari ini pihaknya masih mendalami dua titik di Pemalang dan Jakarta.

Imbasnya, diagnosa awal pun direncanakan baru akan disampaikan esok hari, Jumat (16/8/2019).

"(Diagnosa awal) Besok akan disampaikan. (Saat ini) Ada dua titik yang perlu didalami. Ada di Pemalang dan di Jakarta," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019).

Ia mengatakan pihaknya enggan terburu-buru dalam menyelidiki penyebab blackout yang merugikan warga, terutama warga Ibukota.

Oleh karenanya, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu menuturkan tim investigasi akan mematangkan penyelidikan di dua titik pada hari ini dan baru mengungkap diagnosa awal penyebab blackout besok.

"Diupayakan pemeriksaan (di Pemalang dan Jakarta) selesai hari ini. Sehingga besok bisa disampaikan diagnosa awal tentang dugaan awal faktor penyebab awal blackout," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Mabes Polri mengungkap dugaan sementara penyebab gangguan pasokan listrik yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya sejak Minggu (4/8) siang.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan tim Kriminal Khusus dari Polda Jawa Tengah telah melakukan pengecekan TKP di Tower Transmisi di Desa Malom, Gunung Pati, Kabupaten Semarang.

"Kerusakan diduga sementara adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas Right Of Way (ROW), sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/8/2019).

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved