Rusuh di Papua

Massa Asal Papua Bergerak ke Kantor LBH Usai Unjuk Rasa di Depan Istana

Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat mengarahkan peserta aksi unjuk rasa asal Papua dari Istana Negara menuju ke kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH).

Massa Asal Papua Bergerak ke Kantor LBH Usai Unjuk Rasa di Depan Istana
Tribunnews/Irwan Rismawan
Sejumlah mahasiswa dari Aliansi Anti Rasisme, Kapitalisme, Kolonialisme, dan Militerisme Papua melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (22/8/2019). Aksi tersebut sebagai bentuk kecaman atas insiden di Surabaya dan menegaskan masyarakat Papua merupakan manusia yang merdeka. Tribunnews/Irwan Rismawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jajaran Polres Metro Jakarta Pusat mengarahkan peserta aksi unjuk rasa asal Papua dari Istana Negara menuju ke kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Jakarta Pusat.

Sebanyak enam bus dikerahkan untuk membawa ratusan peserta aksi.

Rencananya, di LBH Jakarta mereka akan melakukan audiensi.

"Sudah kami kawal dari awal. Polisi persuasif karena mereka warga NKRI. Kami kawal ke LBH. Ada enam bus dan diikuti 50 motor," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Harry Kurniawan, di Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Baca: Modernland Realty Raih Penghargaan TOP Governance, Risk dan Compliance (GRC) 2019

Baca: Gubernur Kaltim Diminta Tak Bocorkan Lokasi Spesifik Ibu Kota Baru untuk Hindari Broker Tanah

Baca: Ayah Setubuhi 2 Anak Perempuannya Sendiri Selama 9 Tahun, Korban Tak Bisa Apa-apa Karena Diancam

Baca: Ibu Kota Baru Dikabarkan Pindah Kaltim, PPU jadi Kandidat Kuat, Bupati Mengaku Siapkan 4 Kecamatan

Dia menjelaskan perjalanan rombongan mulai dari depan Istana Negara akan melewati Jalan Medan Merdeka Selatan, Tugu Tani, Cikini, hingga Diponogoro.

Setelah menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis ini, dia mengaku belum dapat memastikan apakah peserta aksi akan kembali menggelar aksi serupa.

"Kami tunggu saja, karena informasi hari ini saja pemberitahuannya. Kalau memang besok datang kami kawal lagi. Intinya kami fasilitasi," ujarnya.

Damai

Ratusan mahasiswa Papua Barat yang menggelar aksi di Taman Aspirasi dekat Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta membubarkan diri, Kamis (22/8/2019) sekira pukul 17.40 WIB.

Halaman
1234
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved