Pemindahan Ibu Kota Negara

Lokasi Ibu Kota Baru Diumumkan Siang Ini

Jokowi akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pada siang ini, setelah mendapat kajian terakhir dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /Bappe

Lokasi Ibu Kota Baru Diumumkan Siang Ini
Kolase Tribunkaltim.co
Maket salah satu desain Ibu Kota Baru RI versi Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia yang akan diterapkan di Pulau Kalimantan nanti. Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Ibu Kota Indonesia di Kaltim, Camat Waru Ingin Penajam Dipilih jadi Ibu Kota Baru RI, Ini Alasannya, https://kaltim.tribunnews.com/2019/08/22/ibu-kota-indonesia-di-kaltim-camat-waru-ingin-penajam-dipilih-jadi-ibu-kota-baru-ri-ini-alasannya?page=all. Penulis: Heriani AM Editor: Budi Susilo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan lokasi ibu kota baru pada siang ini, setelah mendapat kajian terakhir dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional /Bappenas. 

Akan diumumkan lokasi ibu kota baru oleh Jokowi, dibenarkan oleh Staf Khusus Presiden Adita Irawati saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

"Ya betul (akan diumumkan)," ucap Adita yang masih enggan membocorkan lokasi ibu kota baru. 

Baca: Pria Banyumas Temukan Tengkorak Manusia Saat Bersihkan Kebun

Baca: Harga Emas Antam Melesat Rp 9.000 Menjadi Rp 774.000 Per Gram

Baca: Kontroversi Vonis Kebiri Kimia Predator Anak di Mojokerto, Kesulitan Cari Rumah Sakit yang Eksekusi

Pada Jumat (23/8), Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menghadap Presiden Jokowi di Istana untuk menyerahkan dua kajian terkait ibu kota baru. 

"Saya dipanggil Presiden, sekaligus kami menyerahkan detail kajian yang kemarin masih diminta Pak Presiden mengenai ibu kota baru," kata Bambang di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Diketahui, sampai sekarang Jokowi belum memutuskan lokasi ibu kota baru, apakah di Kalimantan Tengah atau Kalimantan Timur, karena masih menunggu dua kajian terakhir. 

"Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota baru. Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan mereview, mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan," tutur Bambang. 

Sebelumnya, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil telah menyebut Kalimantan Timur sebagai ibu kota baru mengantikan DKI Jakarta. 

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved