Breaking News:

Wapres: Terima kasih Dukungan Internasional dalam Penanggulangan Bencana Di Indonesia

Lebih lanjut Kalla menjelaskan, Asia Pasifik begitu luas dan kita dapat saling berbagi pengalaman.

BNPB
Jusuf Kalla 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih atas dukungan internasional dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

Hal itu disampaikan Kalla saat membuka acara Asia Pacific Regional Conference on Localisation of Aid di ruangan Dr Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Lebih lanjut Kalla menjelaskan, Asia Pasifik begitu luas dan kita dapat saling berbagi pengalaman.

Banyak pengalaman bencana di Indonesia bagaimana membentuk mitigasi, persiapan dalam bencana dan sebagainya. Ada gunung berapi, gempa bumi, angin topan, dan sebagainya yang sama dengan bencana di negara lain.

"Bencana sebabnya ada dua, karena alam dan karena ulah manusia" ujar Kalla seperti dikuti dari rilis BNPB, Selasa (27/8/2019).

Kalla menjelaskan pula, bencana memberikan dampak dan banyak pelajaran.

Baca: Pansel Capim KPK Tak Perlu Terpengaruh Kritikan Koalisi Masyarakat Sipil

"Contohnya kearifan lokal seperti di Simeleu, kearifan lokal yang berhasil ketika ada gempa, masyarakat langsung lari ke dataran tinggi" ucap Kalla.

Wapres juga berpesan BNPB mempunyai kantor-kantor di provinsi dan kabupaten kota seperti halnya di BPBD, agar masalah bencana dapat teroganisir lebih baik dari sebelumnya.

Saat bencana gempabumi dan tsunami Aceh, tahun 2004 silam. Ada 55 negara yang membuka bantuan pada musibah bencana saat gempa dan tsunami Aceh.

Namun ini jadi pelajaran untuk Indonesia kedepannya, tidak semua bencana terbuka untuk semua dunia internasional.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved