Kabut Asap

Wiranto Berharap Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Ganggu Hubungan dengan Negara Tetangga

Wiranto mengatakan pemerintah pusat saat ini sedang fokus mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang melanda Sumatera dan Kalimantan.

Wiranto Berharap Asap Kebakaran Hutan dan Lahan Tak Ganggu Hubungan dengan Negara Tetangga
/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
KEBAKRAN LAHAN - Asap membumbung dari kawasan lahan di kawan Sungai Siring dipantau dari desa Pampang Kecamatan Samarinda Utara, Minggu (15/9/2019). Kebakaran diduga pembakaran lahan sekitar 1 KM dari Runway Bandara APT Pranoto disayangkan karena mengakibatkan penerbangan terganggu disamping itu kebakaran lahan tidak ditangani dengan serius oleh pihak berwenang. (TRIBUNALTIM/NEVRIANTO HARDI PRASETYO) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizal Bomantama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto mengatakan pemerintah pusat saat ini sedang fokus mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang melanda Sumatera dan Kalimantan.

Wiranto mengatakan Presiden Joko Widodo beserta menteri dan kepala lembaga terkait akan segera meninjau lokasi kebakaran hutan di Riau untuk menginventarisasi masalah yang belum teratasi hingga saat ini.

Wiranto berharap inventarisasi masalah akan menghasilkan langkah cepat penanganan kebakaran hutan dan lahan sehingga asap tidak sampai mengganggu hubungan antarnegara terutama dengan Malaysia.

Baca: Ditagih Utang Rp 14 Ribu, Pemuda di Garut Bunuh Seorang Nenek Lalu Membakarnya Digubuk

“Menteri dan lembaga negara akan diminta laporan mengenai apa yang sudah dilakukan dan apa yang belum dilakukan sehingga diharapkan nanti penanggulangannya maksimal. Jangan sampai ada asap menyeberang ke negara tetangga yang bisa menimbulkan masalah antarnegara,” ucap Wiranto di Jakarta, Senin (16/9/2019) sebelum bertolak ke Riau.

Wiranto mengatakan Presiden Jokowi akan bertolak ke Riau sore ini untuk kemudian langsung memimpin rapat koordinasi di Pekanbaru terkait penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Esok harinya yaitu Selasa (17/9/2019) menurut Wiranto, Jokowi akan langsung meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Baca: Kabar Populer Soal Persebaya: Syarat Bajul Ijo U-20 Lolos ke Semifinal Liga 1 U-20 2019

“Nanti malam rapat akan diikuti Menko PMK, Mensos, Menkes, Menteri KLHK, dan BNPB,” terang Wiranto.

Wiranto meminta semua pihak termasuk masyarakat dan TNI untuk berkoordinasi agar bisa bergerak cepat mengatasi kebakaran lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan.

“Iya pemerintah pusat bergerak cepat, ini kan masalah darurat, kalau tidak ditangani cepat, sitematis, dan dukungan yang memadai maka kita kedodoran. Kita saja sudah mengerahkan 52 helikopter dari TNI, sewa, dan pemilik perkebunan besar untuk memadamkan api. Dan kita mau tambah,” pungkasnya.

Halaman
1234
Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved