Kemenhub dan PT KAI Tindak Pengendara yang Melanggar di Perlintasan KA

DJKA telah mencanangkan Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api. Gerakan ini hendaknya didukung oleh regulator, operator dan masyarakat.

Kemenhub dan PT KAI Tindak Pengendara yang Melanggar di Perlintasan KA
TRIBUNNEWS.COM/RIA A
Peringatan jangan terobos perlintasan KA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI (Persero) melakukan sosialisasi keselamatan berkendaran dan penindakan hukum di sebidang perlintasan Bukit Duri Manggarai JPL 14, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Direktur Keselamatan Perkeretaapian, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan, Zamrides mengatakan sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan di perlintasan sebidang.

"Kami ingin pengendara bisa selamat sampai di tujuan, dan perjalanan kereta juga tidak terganggu oleh hal apapun," kata Zamrides.

Menurutnya, DJKA telah mencanangkan Gerakan Nasional Selamat di Perlintasan Kereta Api. Gerakan ini hendaknya didukung oleh regulator, operator dan masyarakat.

Ada 10 kegiatan yang dilakukan dalam sosialisasi itu, antara lain melengkapi perlintasan dengan fasilitas keselamatan, melakukan evaluasi berkala terhadap fasilitas keselamatan, memperbaiki kondisi jalan di perlintasan untuk mengurangi risiko kecelakaan, menempatkan petugas penjaga perlintasan.

Baca: Siswa SMALB Tuna Rungu Jadi Korban Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu

Kemudian memperhatikan dan memberikan jarak pandang yang cukup bagi masinis dan pengendara kendaraan, memasang spanduk dan alat peringatan tambahan di perlintasan, melakukan edukasi dan sosialisasi, disiplin pengemudi di perlintasan, melibatkan semua potensi pemangku kepentingan dan masyarakat untuk mengamankan perlintasan.

Selanjutnya, menutup perlintasan yang telah memiliki alternatif jalan layang atau terowongan, atau perlintasan lain yang dijaga dan berjarak 800 meter, dan melakukan penegakkan hukum bagi pelanggar peraturan di perlintasan.

Gerakan nasional ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan bimbingan tehnik keselamatan di kota kota besar di Jawa dan Sumatera. Pekan ini operator, yakni PT. KAI melakukan gerakan serupa di seluruh Daerah Operasi (Daop) dan Divre.

Di Jember, sosialisasi dihadiri perwakilan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur. Sosialisasi dilakukan di tiga titik yakni di JPL No. 163 Jl. Raya Bondowoso, JPL No. 162 Jl. Baratan, dan JPL No. 125 Jl. Raya Lumajang- Jember, Pecoro. Petugas memberikan selebaran yang berisi ajakan untuk berkendara dengan selamat. Begitu juga di DAOP 5 Purwokerto, serta Daop lain juga dihadiri perwakilan balai setempat.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved