Rusuh di Papua

Arteria Dahlan Sebut Ada Oknum Dari Gunung Masuk Kota Wamena Sebelum Kerusuhan Terjadi

Arteria Dahlan, menyebut ada sejumlah oknum dari gunung yang coba memaksakan diri masuk ke kota Wamena sebelum konflik terjadi.

Arteria Dahlan Sebut Ada Oknum Dari Gunung Masuk Kota Wamena Sebelum Kerusuhan Terjadi
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Arteria Dahlan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI P, Arteria Dahlan, menyebut ada sejumlah oknum dari gunung yang coba memaksakan diri masuk ke kota Wamena sebelum konflik terjadi.

Perwakilan Ikatan Keluarga Minang Jabodetabek tersebut mengatakan dari informasi yang diterimanya dari pihak Kepolisian dan TNI, tidak ada masalah antara warga Minang Sumatera Barat dengan penduduk di Wamena Papua sebelum kerusuhan terjadi.

Menurut informasi tersebut, ia mengatakan hubungan antara warga Minang Sumatera Barat yang kebanyakan bermatapencaharian sebagai pedagang dengan masyarakat Wamena sangat cair.

Baca: Theresa Wienathan, Asisten Nia Ramadhani Beri Klarifikasi soal Chat yang Bahas Hubungan Raffi-Nagita

Baca: Mulan Jameela Tolak Tandatangani Surat Panggilan, Sidang Gugatan Caleg Gerindra Ditunda

"Tapi memang ada oknum tertentu yang mencoba memaksakan diri, istilah kami ada oknum dari gunung untuk masuk ke kota Wamena yang orang Wamena sendiri tidak tahu siapa mereka. Akhirnya terjadilah kejadian tersebut," kata Arteria Dahlan di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur saat menyambut kedatangan 51 pengungsi terdampak konflik Wamena, Kamis (3/10/2019).

Setelah kerusuhan terjadi, dalam waktu singkat aparat keamanan bersama pemerintah melakukan cipta kondisi dan kondisi di Wamena kembali pulih.

Ia mengatakan dirinya telah berkordinasi dengan Kapolda Papua untuk memastikan kondisi keamanan di Wamena telah kondusif.

Tidak hanya itu, Arteria mengatakan, terkait dengan pemulangan sejumlah pengungsi terdampak kerusuhan Wamena akan difasilitasi pemerintah dan DPR untuk menuju kotanya masing-masing.

Baca: Pembicaraan Empat Mata Bamsoet dan Muzani Gagal Hasilkan Kesepakatan

Ia mengatakan, sejauh ini para pengungsi tersebut ada yang kembali ke Sumatera Barat, Jayapura, dan ada juga yang bertahan di Wamena.

Arteria pun mengatakan telah berkordinasi dengan Kementeria Sosial untuk memastikan agar pilihan-pilihan tempat tujuan mereka dapat terfasilitasi dengan baik.

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved