Hampir Tiga Jam, Musyawarah Calon Ketua MPR Masih Buntu

Calon Pimpinan MPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid mengatakan bahwa tinggal sedikit lagi musyawarah calon Ketua MPR sampai pada kata sepakat.

Hampir Tiga Jam, Musyawarah Calon Ketua MPR Masih Buntu
Chaerul Umam/Tribunnews.com
Sidang Paripurna MPR RI, Rabu (2/10/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah hampir tiga jam, rapat musyawarah calon Ketua MPR yang dimulai pukul 14.00 Wib, diskors di Ruang Abdul Muis, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Calon Pimpinan MPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid mengatakan bahwa tinggal sedikit lagi musyawarah calon Ketua MPR sampai pada kata sepakat.

"Tinggal sedikit, (sudah) 80 persen," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, (3/10/2019).

Baca: Lirik These Nights, Lagu Baru dari Rich Brian dan Chung Ha

Baca: Gerindra Kekeh Ingin Pemilihan Ketua MPR Dilakukan Lewat Voting

Baca: Tidak Bisa Beri Uang untuk Istri Tua Suami, Keni Oktaria Dianiaya Suaminya

Menurut Jazilul belum ada kesepakatan mengenai pemilihan calon ketua MPR apakah harus melalui sistem voting atau tidak. Namun, mayoritas fraksi sudah sepakat menginginkan pemilihan ketua MPR melalui musyawarah.

"Siapa ketua dan wakil-wakil ketua, seperti yang sudah diusulkan. Ini forumnya sore ini, ini lagi break untuk menemukan kata sepakat, karena masih ada pendapat yang berbeda," katanya.

Jazilul mengatakan penundaan rapat dilakukan sambil menunggu usulan tertulis dari DPD mengenai usulan Ketua MPR. Rapat belum menemukan kata sepakat karena masih ada fraksi yang tetap ingin mengusulkan Calon Ketua.

Mayoritas Fraksi menginginkan Ketua MPR dijabat oleh anggota dari partai koalisi pemerintah yakni Bambang Soesatyo ( Bamsoet) .

"Tapi intinya mayoritas mengusulkan Bamsoet sebagai ketua MPR. Untuk fraksi-fraksi lain sebenarnya sudah dapat jatah di wakil ketua. Ini masih ada pendapat, ada fraksi yang ingin masih mencalonkan ketua," pungkasnya.

Untuk diketahui terdapat tiga Calon pimpinan yang maju sebagai Calon Ketua MPR. Pertama yakni Bambang Soesatyo ( Bamsoet) dari Golkar, Ahmad Muzani dari Gerindra, dan Fadel Muhammad dari unsur DPD.

Fraksi partai pendukung pemerintah mendukung Bamsoet, sementara itu Muzani tetap ingin jadi Ketua karena Gerindra merupakan partai peraih suara terbanyak di Pemilu 2019 lalu.

Selain itu ada kebiasaan bahwa Ketua MPR dijabat oleh anggota dari partai oposisi. Di sisi lain, Fadel Muhammad bersedia mundur dari pencalonan asalkan ada Calon Ketua yang bersedia menampung 5 permintaan DPD.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved