Tribunners / Citizen Journalism

Dr Tasdiyanto Rohadi, Pegiat HAM yang Peduli Masalah Lingkungan Hidup

Sejak tahun 2010, Tasdiyanto Rohadi dan tim telah gigih meneliti kualitas lingkungan Pulau Jawa, khususnya Kota Jakarta.

Dr Tasdiyanto Rohadi, Pegiat HAM yang Peduli Masalah Lingkungan Hidup
Ist/Tribunnews.com
Sekjen Komnas HAM RI, Dr. Tasdiyanto Rohadi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Dulu dikenal sebagai pecinta dan pegiat lingkungan hidup.

Kini bergelut dengan permasalahan hak azasi manusia (HAM).

Dialah Sekjen di Komnas HAM, Dr. Tasdiyanto Rohadi.

Hingga sekarang pun, Dr. Tasdiyanto Rohadi masih tak bisa dipisahkan jauh-jauh dari persoalan perbaikan lingkungan hidup.

Kecintaan terhadap lingkungan tersebut diwujudkan dengan perhatiannya yang lebih serius terhadap kualitas lingkungan ibu kota negara yang semakin memprihatinkan dan mengkhawatirkan.

Sejak tahun 2010, Tasdiyanto Rohadi dan tim telah gigih meneliti kualitas lingkungan Pulau Jawa, khususnya Kota Jakarta.

Hasil penelitian disimpulkan kualitas lingkungan Ibu Kota Jakarta yang sangat memprihatinkan itu telah diseminarkan di salah satu perguruan tinggi di Jakarta pada tahun 2012.

Rekomendasi dari seminar yang digelar oleh kalangan akademisi itu adalah dengan memindahkan Ibu Kota Negara keluar dari wilayah Jakarta adalah solusi penyelamatan ekosistem yang ada di region ini sebagai sebuah keputusan yang realistis dan menjadi keniscayaan zaman.

Penyebab utamanya, karena kurangnya daya tampung dan daya dukung lingkungan di Pulau Jawa.

Hal tersebut memicu reaksi para tokoh masyarakat dan publik saat itu, kaget dan menyanggahnya. Bahkan penelitian Tasdiyanto sendiri mendapatkan respon dari senior, sekaligus bekas atasannya sebagai Menteri Lingkungan Hidup, era Presiden Soeharto yakni Prof Emil Salim.

Halaman
1234
Editor: Hasanudin Aco
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved