Kabinet Jokowi

Sektor Digital dan Industri Bisa Saling Dukung Jika Nadiem, Erick, dan Wishnutama Masuk Kabinet

Erick Thohir, Nadiem Makarim, dan Wishnutama akan membawa 'angin segar' dalam pertumbuhan sektor ekonomi digital bila menjadi pembantu Jokowi.

Sektor Digital dan Industri Bisa Saling Dukung Jika Nadiem, Erick, dan Wishnutama Masuk Kabinet
Tribunnews/JEPRIMA
Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo bersama Maruf Amin saat akan melakukan penandatanganan berita acara pelantikan Presiden pada acara Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2019-2024 di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019). Sidang Paripurna MPR dengan Agenda Tunggal Pengucapan Sumpah dan Pelantikan Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia dan Ma'ruf Amim sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peneliti INDEF Bhima Yudhistira menyoroti nama-nama yang dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kursi menteri dalam Kabinet Kerja Jilid II.

Tiga nama yang dipanggil Jokowi di antaranya Erick Thohir, Nadiem Makarim, dan Wishnutama.

Ketiga orang tersebut disebut akan membawa 'angin segar' dalam pertumbuhan sektor ekonomi digital bila menjadi pembantu Jokowi.

Apalagi penggunaan teknologi digital juga telah menyasar sektor pertanian dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca: Edgar Xavier Marvelo Raih Emas di Kejuaraan Dunia Wushu XV 2019

Pengembangan ekonomi digital seperti e-commerce dan fintech yang lebih meluas dan menyasar hingga ke sektor lainnya diyakini mampu meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Sebenarnya sektor digital seperti e-commerce, fintech kan supporting dari industri dan pertanian, jadi paralel pengembangannya," ujar Bhima, dalam pesan singkatnya kepada Tribunnews, Senin (21/10/2019).

Saat ini pertumbuhan e-commerce dan fintech di Indonesia memang bergerak sangat positif.

E-commerce dan fintech memiliki peranan yang saling melengkapi dari segi pendanaan dan proses cepat dalam pasokan di sektor manufaktur.

Baca: Saat Prabowo Diundang Jokowi ke Istana, Sandiaga Malah di Luar Jawa, Begini Curhatnya Lewat Twitter

Karena itu, keberadaan menteri yang paham industri ekonomi digital sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan peluang investasi.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved