Kabinet Jokowi Maruf

Senyum Ryamizard untuk Prabowo Subianto: Saya Menangis Kalau tak Lebih Baik

Rabu (23/10/2019) pagi Presiden Jokowi resmi menyebut nama Prabowo Subianto sebagai Menter Pertahanan (Menhan) yang baru.

Senyum Ryamizard untuk Prabowo Subianto: Saya Menangis Kalau tak Lebih Baik
Kemhan RI/Juli Syawaludin
Mantan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Rabu (23/10/2019) pagi Presiden Jokowi resmi menyebut nama Prabowo Subianto sebagai Menter Pertahanan (Menhan) yang baru. Ryamizard Ryacudu di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) kemudian menyampaikan pidato perpisahan kepada pegawai dan pejabat di lingkungan kantor tempat ia bekerja selama ini.

"Saya ucapkan selamat kepada Prabowo, kawan saya satu tingkat, satu kompi sama-sama terus. Sekarang menggantikan saya. Alhamdulillah, kira-kira tidak beda jauh lah," ujarnya.

Baca: Rekam Jejak Idham Aziz yang Dikabarkan Jadi Kapolri: Tugas di Densus hingga Jabat Kapolda Metro

Ryamizard mengaku takkan memberikan pesan khusus kepada Prabowo Subianto yang akan menggantikannya sebagai menhan. Baginya, Prabowo lebih tahu dari dirinya. 

Baca: Saat Jokowi Lantik Menteri Baru, Istri AHY Unggah Kata Bijak, Sebut yang Melukai

"Dia lebih tahu kok. Sebagai TNI kita menyesuaikan tempat, di sini saya menyesuaikan dengan Kemhan, jadi bukan Kemhan yang sesuaikan kami. Tapi, kami yang sesuaikan diri dengan Kemhan," kata Ryamizard.

Menteri Pertahanan (Menhan) yang baru Prabowo Subianto langsung berrgegas menuju kantornya yang baru di Kementerian Pertahanan. "Kita baru saja selesaikan rangkaian pelantikan. Dan tentunya, kita harus meliha kantor kementerian (Kemenhan) dulu," singkat Prabowo di Istana Negara.

Prabowo usai pelantikan tampak didampingi oleh putranya, Didit Prabowo. Ketika Jokowi hendak ucapan selamat, Prabowo langsung memberikan hormat lalu keduanya bersalaman. Setelah itu, Jokowi juga bersalaman dengan Didit Prabowo.

Ketika bersalaman, ‎Didit memberi hormat dengan membungkukkan badan ke arah Jokowi. Berlanjut saat sesi foto bersama di anak tangga Istana Merdeka, Prabowo seorang diri tanpa didampingi Didit.

Baca: Prabowo Akan Kelola Anggaran Rp 127,4 Triliun, Ryamizard: Jangan Sampai Ngiler

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan seluruh jajaran kabinet akan langsung bekerja selepas meninggalkan Komplek Istana Kepresidenan Jakarta."Setelah ini langsung akan bekerja," tegas Jokowi kepada seluruh menterinya yang baru saja dilantik.

Ryamizard Ryacudu kembali mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan Kabinet Indonesia Maju menggantikan dirinya. Ia berharap Kementerian Pertahanan makin baik di tangan Prabowo.

Baca: Jokowi Minta Prabowo Langsung Bekerja

“Saya ucapkan terima kasih sudah dipercaya sebagai Menhan untuk menjaga bangsa dan negara. Setelah ini saya akan terus berdoa, saya akan menangis kalau tidak lebih baik,” ungkap Ryamizard.

Ryamizard percaya Prabowo mampu mengemban amanah secara baik sebagai Menhan. Sebagai sesama prajurit, Ryamizard yakin Prabowo bisa membawa pertahanan Indonesia menjadi lebih baik. Ia sempat menyampaikan sejumlah pesan kepada Prabowo yang akan mulai menjabat Menhan esok hari.

Baca: Menteri Agama Fachrul Razi: Saya Suka Mendalami Agama dan Ceramah

“Sebagai menteri pertahanan kita harus dorong tentara sebagai tentara rakyat, mendahulukan rakyat, kalau tentara minta didahulukan bukan tentara rakyat dia,” ungkap Ryamizard sambil tersenyum.

Baca: VIDEO: Prabowo Subianto Bergegas Menuju Kantor Kementerian Pertahanan seusai Dilantik Jokowi

"Dalam berbagai ceramah saya sering mengatakan orang mewakafkan tanahnya untuk masjid sudah banyak. Tapi kalau saya mewakafkan nyawa saya untuk bangsa dan negara, itulah cinta saya kepada Indonesia,” lanjutnya.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved