Breaking News:

Istana Kepresidenan di Papua Akan Dibangun Dengan Ciri Khas Bumi Cenderawasih

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan merealisasikan keinginan masyarakat Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Bumi Cenderawasih.

Istimewa
Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Kepala BIN Budi Gunawan, saat kunjungan kerja ke Papua, beberapa hari lalu. Istimewa. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan merealisasikan keinginan masyarakat Papua untuk membangun Istana Kepresidenan di Bumi Cenderawasih.

Kementerian PUPR pun telah ditugaskan Presiden untuk melakukan pengecekan lokasi dan proses pembangunannya.

Direktur Cipta Karya Kementerian PUPR Danis H Sumadilaga mengatakan, Kementerian PUPR telah mengirim tim ke lokasi pembangunan Istana, sebelum melakukan perencanaan pembangunan.

Baca: Dylan Carr Pemain Sinetron Anak Langit Alami Kecelakaan, Sampai Saat Ini Belum Sadarkan Diri

"Kami baru identifikasi awal, perencanaan dimulai pada anggaran 2020. Jadi dikaji dulu, bagaimana tanahnya, status tanahnya, kriteria desainnya seperto apa nanti," ujar Danis saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Terkait desain Istana, kata Danis, pasti nantinya akan menggambarkan ciri khas Tanah Papua, misalnya seperti burung Cenderawasih.

"Iya dong (berciri khas Papua), itu yang nanti kami inginkan. Tapi intinya kami siapkan dulu perencanaan sebaik-baiknya," kata Danis.

Baca: Berusia 23 Tahun, William Aditya Sarana, Anggota DPRD DKI dari PSI Punya Harta Kekayaan Rp 1,5 M

Rencana pembangunan Istana Kepresidenan di Papua merupakan tindak lanjut, pertemuan antara tokoh Papua, Papua Muda Inspiratif (PIM) dengan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Pertemuan yang diprakarsai Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Budi Gunawan, dengan tujuan pemulihan Papua pasca-kerusuhan akhir Agustus 2019 lalu.

Para tokoh Papua yang hadir di pertemuan menyampaikan 9 permintaan kepada Jokowi. Salah satunya, membangun Istana Kepresidenan RI di Papua.

Baca: Komentari Skandal Atta Halilintar dan Liza Aditya, Bebby Fey Anggap Wajar: Ceweknya Cantik Juga Sih

Presiden Jokowi pun menyempatkan diri untuk melihat desain Istana Kepresidenan yang direncanakan dibangun di Papua.

Desain ini diperlihatkan di sela peresmian Jembatan Youtefa, Jayapura, Papua, Senin (28/10).

Dilihat dari live streaming Sekretariat Presiden, didampingi Ibu Negara Iriana, Kepala BIN Budi Gunawan, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Jokowi memperhatikan dengan seksama paparan soal desain Istana Kepresidenan di Papua.

Seorang pejabat tampak menjelaskan kepada Jokowi soal Istana di Papua itu.

"Rencana pembangunan Istana Kepresidenan ini atas inisiasi Badan Intelijen Negara. Rakyat Papua berharap Pak Presiden membangun Istana sehingga bisa digunakan untuk istirahat dan kerja dengan nyaman tiap Pak Presiden kunjungan ke Papua," kata pejabat tersebut seperti dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved