Dewan Pengawas KPK

Istana Jamin Lima Nama Calon Dewan Pengawas KPK Kredibel dan Kompeten

Fadjroel Rachman membenarkan proses seleksi atau penggodokan tengah dilakukan tim internal di bawah Menteri Sekretaris Negara Pratikno

Istana Jamin Lima Nama Calon Dewan Pengawas KPK Kredibel dan Kompeten
Seno Tri Sulistiyono/Tribunnews.com
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Proses seleksi lima nama calon Dewan Pengawas KPK tengah berlangsung di ‎Istana sebelum nantinya dipilih langsung oleh Presiden Jokowi.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman membenarkan proses seleksi atau penggodokan tengah dilakukan tim internal di bawah Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Sementara ini di bawah Pak Pratikno. Semua prosesnya dibawah Pak Pratikno," ujar Fadjroel, Kamis (7/11/2019) di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Baca: Anggaran Pendidikan 2020 Rp 508 Triliun, Jokowi: Ini Duit Semua, Hati-Hati dengan Angka seperti Ini

Baca: Bicara Infrastruktur, Jokowi: 4 Hari 4 Malam Menuju Wamena Dulu Itu, Tak Ada Aspal Satu Meter Pun

Terkait para calon Dewan Pengawas KPK, Fadjroel meminta publik mempercayakan pada Istana dalam proses seleksinya. Ini karena proses seleksi dilakukan sesuai dengan UU KPK.

Kini penggodokan masih berada di tahap awal seperti seleksi usia minimal 55 tahun, berpendidikan minimal S1, dan lainnya.

"‎Tidak perlu ada keragu-raguan. Presiden sendiri sudah mengatakan akan memilih yang betul-betul kredibel, terbaik, kompeten dan profesional," tegasnya.

Ditampung di Setneg

Fadjroel Rachman mengatakan Istana menerima banyak sekali masukan sejumlah nama dari masyarakat. Kini nama-nama itu tengah diseleksi.

"‎Sekarang proses (seleksi) sedang berlangsung, nama-nama pengajuan dari masyarakat ditampung, dicatat di Setneg," ucap Fadjroel, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Selanjutnya, nama-nama ini akan diseleksi berdasarkan Undang-Undang KPK baik itu klausul Pasal 36 ataupun Pasal 37.

Halaman
1234
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved