Tak Semua Gempa Picu Tsunami, Ini Daftar Tingkatan Gempa Beserta Kerusakan yang Ditimbulkan

Faktanya tidak semua gempa menimbulkan surutnya air laut yang ditakutkan bisa memicu gelombang tsunami, berikut tinggkatan gempa beserta kerusakanya

Tak Semua Gempa Picu Tsunami, Ini Daftar Tingkatan Gempa Beserta Kerusakan yang Ditimbulkan
Tangkap layar bmkg.go.id
Skala kerusakan gempa MMI 

TRIBUNNEWS.COM- Pasca gempa bermagnitudo 5,1 yang mengguncang Buleleng, Bali Utara, Kamis (14/11/2019) pukul 17.21 WIB beredar kabar air surut dan bunyi sirene yang meraung-raung di Kecamatan Seririt, Bali.

Kabar terkait informasi gempa bumi tersebut, pertama kali disebarkan melalui akun Jeg. bali Facebook berupa rekaman video berdurasi 24 detik.

Terlihat seorang pria yang tidak diketahui namanya memperlihatkan suasana pasca gempa.

"Kita posisi naik, karena air laut di daerah Pengastulan itu sudah surut. Di Seririt ini penduduk semua menuju arah dataran tinggi, karena air di daerah pesisir itu sudah surut. Kondisi melaporkan dari Seririt," ujar seorang pria dalam video tersebut.

Video tersebut telah ditonton lebih dari 50.000 kali itu dibantah oleh pejabat di tingkat kecamatan

Dikutip dari laman Kompas.com, Kepala Pelaksana Badan Pelaksana Bencana Daerah (BPBD) Bali, I Made Rentin menjelaskan pihaknya telah mengonfirmasi ke Camat Seririt, Nyoman Riang Pustaka terkait isu air surut dan bunyi sirene.

Baca: Pengaman Intelijen Sebut Teroris Punya Waktu Tertentu untuk Lakukan Aksi Teror

"Baru saja saya menghubungi Camat Seririt Nyoman Riang Pustaka menegaskan bahwa tidak benar air laut surut, tidak benar sirene tsunami berbunyi," ujar Rentin, Kamis (14/11/2019).

Menurut Rentin, pihaknya tidak pernah mengaktifkan sirene itu karena memang rilis BMKG terkait gempa tidak berpotensi tsunami.

Kami mengimbau masyarakat tetap tenang dan hanya percaya informasi resmi dari BMKG. Tower sirene tsunami milik BPBD berasal di Desa Sulanyah, bukan di Desa Pengastulan," ujar Rentin.

Halaman
1234
Penulis: Endra Kurniawan
Editor: Ayu Miftakhul Husna
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved