Mahfud MD Tak Menyangka Prabowo Jadi Menhan

Menko Polhukam Mahfud MD mengaku kaget saat Prabowo Subianto ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri pertahanan

Mahfud MD Tak Menyangka Prabowo Jadi Menhan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menjawab pertanyaan saat wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (19/11/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengaku kaget saat Prabowo Subianto ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai menteri pertahanan atau menhan.

Hal itu disampaikan Mahfud saat berbincang bersama Tribunnews.com di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (19/11/2019).

Mahfud mengatakan pada awalnya dia mengira Prabowo akan ditunjuk sebagai ketua wantimpres (dewan pertimbangan presiden).

Baca: Mahfud MD Kangen ‘Ngetwit’ Setelah Vakum Dua Minggu

Baca: Mahfud MD Bicara soal Veronica Koman, Dia Disebut Pelajar WNI yang Ingkar Janji

Baca: Respons Titiek Soeharto Sikapi Soal Prabowo Subianto Jadi Menteri Pertahanan Jokowi

“Saya kaget betul, tak menyangka Pak Prabowo ditunjuk sebagai menhan karena awalnya saya mengira beliau akan ditempatkan sebagai ketua wantimpres. Kaget bukan berarti tak setuju ya, karena tak menyangka saja, tapi beliau punya rekam jejak bagus untuk menempati posisi itu,” ungkap Mahfud.

Mahfud menilai baik kinerja Prabowo sebagai menhan sejauh ini. Meskipun dirinya belum pernah melakukan rapat koordinasi terbatas tingkat menteri bersama Prabowo.

“Rapat baru sekali, tapi kebetulan beliau ada tugas ke Tangerang. Kemudian Pak Tito Karnavian (Mendagri) juga ada tugas ke Jawa Timur,” imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (19/11/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD berpose usai wawancara khusus dengan Tribunnews.com di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (19/11/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut menilai susunan Kabinet Indonesia Maju kali ini merupakan murni pilihan Presiden Jokowi secara independen.

Sehingga, menurutnya banyak sekali nama-nama yang mengejutkan publik ketika diumumkan masuk dalam susunan kabinet.

“Tidak hanya Pak Prabowo, tapi menteri agama serta menteri pendidikan dan kebudayaan ternyata itu kejutan. Hal itu membuktikan tak ada seorang pun yang bisa mebgintervensi pilihan presiden.”

“Saya bilang kepada presiden bahwa salah satu hal yang dipuji publik dari Pak Jokowi adalah tak bisa didikte saat memilih susunan kabinet,” pungkas Mahfud.

Penulis: Rizal Bomantama
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved