Munas Partai Golkar

Mekeng Sebut Dukungan 30 Persen Suara Bukan Merupakan Syarat Administratif

Dalam proses pendaftaran Calon ketua Umum Golkar, pihaknya kata Mekeng menerima semua calon yang mendaftar.

Mekeng Sebut Dukungan 30 Persen Suara Bukan Merupakan Syarat Administratif
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Anggota DPR Melchias Marcus Mekeng tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Kamis (10/8/2017). Melchias Marcus Mekeng diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto terkait kasus tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP elektronik). TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua penyelenggara Musyawarah Nasional (Munas) Golkar Melchias Marcus Mekeng mengatakan bahwa syarat dukungan 30 persen suara bukan merupakan syarat administratif pendaftaran Calon Ketua Umum Golkar.

Dalam proses pendaftaran Calon ketua Umum Golkar, pihaknya kata Mekeng menerima semua calon yang mendaftar.

“ Jadi kita terima saja. Semuanya terima, yang mau mendaftar,” kata Mekeng di kantor DPP Golkar, Jumat, (29/11/2019).

Baca: Kubu Bamsoet Ancam Tidak Ikut Pemilihan Bila Syarat Dukungan 30 Persen Masih Berlaku

Nantinya menurut Mekeng, peserta Munas yang akan menentukan apakah calon harus mendapatkan dukungan terlebih dahulu sebelum mengikuti pemilihan atau tidak.

Untuk diketahui masalah dukungan 30 persen menjadi polemik. Kubu Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai dukungan 30 persen tersebut dilakukan melalui bilik pemungutan suara.

Sementara kubu Airlangga Hartarto menilai bahwa syarat dukungan 30 persen bisa dilakukan secara tertulis, sebelum pemilihan.

Baca: AkbarTanjung: Pemilihan Ketum Golkar Berlangsung Demokratis

“Nanti peserta itu maunya mana. Mau cuma satu yang punya dukungan atau semua itu dipilih dulu, siapa yang sudah lolos 30 (persen), biar peserta yang memutuskan," katanya.

Yang pasti menurut Mekeng syarat dukungan 30 persen tersebut tercantum dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Golkar.

Tinggal menurut Mekeng, syarat dukungan tersebut apakah dimaknai bisa dilakukan secara tertulis atau harus melalui bilik suara.

"Ada, 30 persen harus mendapat dukungan 30 persen dan ada juga di pasalnya anggaran rumah tangga, Pasal 50 itu disampaikan secara langsung," pungkas Mekeng.

Halaman
12
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved