2 Anggota Polri Terindikasi Lakukan Pelanggaran Disiplin Saat Amankan Penggusuran di Tamansari

Kasus kekerasan saat penggusuran sejumlah rumah di kawasan RW 11, Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019) berbuntut panjang.

2 Anggota Polri Terindikasi Lakukan Pelanggaran Disiplin Saat Amankan Penggusuran di Tamansari
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Satu unit alat berat beko menghancurkan sejumlah bangunan rumah warga di lahan gusuran di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). Eksekusi lahan yang dijadikan proyek rumah deret itu diwarnai bentrokan antara Satpol PP dengan pemuda yang berusaha menghadang proses penggusuran. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kasus kekerasan saat penggusuran sejumlah rumah di kawasan RW 11, Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019) berbuntut panjang.

Polri menyebut dua anggotanya diduga melakukan pelanggaran disiplin dalam peristiwa tersebut.

Dugaan pelanggaran disiplin diketahui setelah Polri memeriksa 62 personil dari jajaran Polda Jawa Barat.
Dari pemeriksaan tersebut terdapat dua orang yang diduga kuat melakukan pelanggaran saat melakukan pengamanan penggusuran.

Baca: Densus 88 Tangkap 8 Terduga Teroris Jaringan JAD di Papua

"Saat ini sudah ada 62 personil polri jajaran Polda Jabar yang diperiksa terkait peristiwa tersebut. kemudian 2 diantaranya diduga keras telah melakukan pelanggaran disiplin pada saat melakukan kegiatan pengamanan penggusuran," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta Selatan, Selasa (17/12/2019).

Kedua orang tersebut diketahui telah melakukan pengamanan yang tidak sesuai dengan arahan pimpinan.

Baca: Mabes Polri Sebut 25 Orang yang Diamankan Saat Bentrok di Tamansari Bandung Bukan Warga Setempat

Kini keduanya menjalani pemeriksaan di Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat.

"Jadi ada hal hal ketika dia melakukan pengamanan itu tidak sebagaimana arahan dari pimpinan yang melakukan penertiban saat itu. Saat ini masih didalami terus oleh Propam Jabar," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penertiban dan membongkar sejumlah rumah di kawasan RW 11, Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Penertiban tersebut merupakan langkah Pemerintah Kota Bandung untuk merealisasikan proyek Rumah Deret Tamansari yang terkatung-katung sejak masa kepemimpinan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved