Polda Kalsel Siagakan 1.560 Pasukan Gabungan Amankan Natal

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani memimpin apel tersebut didampingi oleh Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed.

TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani saat melakukan pengecekan pada jajarannya dalam apel pasukan Operasi Lilin 2019, di Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (19/12/2019). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Menelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar apel pasukan operasi Lilin Intan 2019 di Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (19/12/2019).

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani memimpin apel tersebut didampingi oleh Danrem 101 Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed.

Yazid mengatakan pihaknya menyiagakan sekira 1.560 pasukan gabungan guna mengamankan jalannya Nataru. Adapun operasi tersebut akan berjalan selama sepuluh hari.

"Operasi Lilin ini akan berlangsung selama sepuluh hari dan kita melibatkan 1.560 personel. Kita harapkan melalui pelibatan gabungan personel TNI-Polri dan unsur-unsur masyarakat dan instansi terkait seluruh rangkaian kegiatan di jajaran Polda Kalsel bisa berjalan aman, tertib dan lancar," ujar Yazid, Kamis (19/12/2019).

Pantauan Tribunnews.com, Yazid sempat melakukan pengecekan terhadap peserta yang hadir. Mulai dari polisi lantas, polisi militer, TNI AD, TNI AL, Brimob, Reserse, Sabhara, Satpol PP, Dishub, hingga pramuka.

Beberapa kali jenderal bintang dua tersebut terlihat berhenti untuk menyapa jajarannya dan memeriksa kelengkapan pakaian mereka.

Baca: Kementerian ESDM Bentuk Posko Nasional Amankan BBM Jelang Libur Nataru

Selain itu, ia juga menanyakan tahun kelulusan pendidikan dari jajarannya yang tengah mengikuti apel dan meminta agar para jajarannya untuk semangat.

"Yang semangat, jangan lesu," kata Yazid seraya menepuk bahu salah satu anggota polisi lalu lintas.

Yazid tak sendiri, ia melakukan pengecekan didampingi Danrem 101 Antasari serta Ketua DPRD Kalsel H Supian. Mereka terlihat mengecek sejumlah kendaraan roda empat.

Awalnya mereka mengecek mobil patroli, rantis, gegana, hingga baracuda. Saat mengecek mobil patroli, Yazid meminta Supian untuk mencoba klakson dan sirene tersebut. Di sisi lain, terlihat pula ada kendaraan roda dua yang tengah disiagakan dengan lampu menyala.

Lebih lanjut, Yazid mengatakan pihaknya akan memberikan keamanan yang optimal dengan melibatkan unsur TNI dan instansi terkait lainnya.

"Intinya kita tidak mengambil resiko untuk memberikan pengamanan yang cukup. Sehingga saudara-saudara kita umat Kristiani bisa menjalankan ibadah dengan baik, seluruh warga Kalsel yang melaksanakan kegiatan liburan, tahun baru, juga bisa berjalan dengan baik dan lancar," tandasnya.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved