Rincian 15 Fungsi Kemendikbud Era Nadiem Makarim, dari Kurikulum hingga Film

Terdapat 15 fungsi dari Kemendikbud di Era Nadiem Makarim, kurikulum hingga film, berikut rinciannya.

Rincian 15 Fungsi Kemendikbud Era Nadiem Makarim, dari Kurikulum hingga Film
dok. ICANDO
Nadiem Makarim menyikapi hasil PISA 2018. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah melantik para menteri Kabinet Indonesia Maju (23/10/2019), Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada jajarannya tak ada visi misi menteri, yang ada hanya visi misi presiden dan wakil presiden.

"Pada sidang paripurna yang pertama pada pagi hari ini saya ingin menyampaikan beberapa hal yang harus kita ketahui bersama, terutama yang akan kita kerjakan.

Kerja kerja besar yang akan kita lakukan dalam 5 tahun ke depan," kata Jokowi saat membuka rapat kabinet paripurna di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

 Nadiem Makarim Beberkan Alasan Hapus Ujian Nasional, Terlalu Banyak Menghafal dan Buat Stres

"Terutama yang ingin saya sampaikan bahwa tidak ada visi misi menteri yang ada adalah visi misi presiden dan wakil presiden," sambungnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Kolase TribunNewsmaker - Kompas.com/Tribunnews)

Jokowi dengan tegas meminta pesannya ini benar-benar diperhatikan.

Terkait hal itu, dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2019 tentang Kemendikbud yang ditandatangani tanggal 16 Desember 2019, Presiden Jokowi menegaskan kembali beberapa fungsi yang harus diemban Kemendikbud di bawah kepemimpinan Nadiem Makarim.

15 fungsi Kemendikbud

Dikutip dari Perpres 82/2019, berikut 15 fungsi Kemendikbud di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo:

1. Merumuskan dan menetapkan kebijakan di bidang pendidik dan tenaga kependidikan, pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan vokasi, pendidikan tinggi, dan pengelolaan kebudayaan. 

2. Melaksanakan kebijakan di bidang pengendalian formasi pendidik, pemindahan pendidik, dan pengembangan karir pendidik, serta pemindahan pendidik dan tenaga kependidikan lintas daerah provinsi.

HALAMAN SELANJUTNYA=====>

Editor: Desi Kris
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved