Tips dan Trik

Cara agar Tidak Tersetrum Listrik saat Terjadi Banjir, Segera MCB ketika Rumah Mulai Tergenang Air

Cara menghindari bahaya tegangan arus listrik PLN saat ketika terjadi musibah banjir yang melanda dan menggenangi rumah.

Cara agar Tidak Tersetrum Listrik saat Terjadi Banjir, Segera MCB ketika Rumah Mulai Tergenang Air
Pixabay.com/Pexels
Ilustrasi Cara Agar Tidak Tersetrum Listrik saat Terjadi Banjir, Segera MCB ketika Rumah Mulai Tergenang Air 

TRIBUNNEWS.COM - Melalui laman resminya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberitahukan dilakukan pemadaman sementara di sejumlah wilayah, Rabu (1/1/2020).

Pemadaman sementara dilakukan akibat banjir di sejumlah titik yang melanda sebagian Jakarta, Depok, Bogor, Tanggerang dan Bekasi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

Selain itu, PLN juga memberikan imbauan kepada masyarakat terkait cara agar terhindar dari bahaya listrik ketika terjadi banjir.

Berikut cara yang bisa dilakukan agar tidak tersetrum listrik ketika terjadi musibah banjir sebagaimana Tribunnews kutip dari PLN.co.id, Kamis (2/1/2020).

1. Matikan MCB

Petugas saat meninjau alat ukur listrik di Diskotek Planet 3, Batam, Selasa (13/8/2013). Dari peninjauan ini, petugas menemukan komponen MCB (Main Circuit Breaker) yang berfungsi untuk memperbesar arus diduga telah dimodifikasi. Akibat pencurian arus listrik, PT PLN  Batam mengalami kerugian jutaan rupiah dengan mengurahi biaya abondemen yang seharusnya Rp 1,5juta per bulannya hanya membayar Rp 150 ribu. (TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO)
Petugas saat meninjau alat ukur listrik di Diskotek Planet 3, Batam, Selasa (13/8/2013). Dari peninjauan ini, petugas menemukan komponen MCB (Main Circuit Breaker) yang berfungsi untuk memperbesar arus diduga telah dimodifikasi. Akibat pencurian arus listrik, PT PLN Batam mengalami kerugian jutaan rupiah dengan mengurahi biaya abondemen yang seharusnya Rp 1,5juta per bulannya hanya membayar Rp 150 ribu. (TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO) (TRIBUN BATAM/ARGIANTO DA NUGROHO)

Ketika intensitas genangan air serasa semakin tinggi, segeralah mematikan Meter Circuit Breaker (MCB)

Mematikan MCB adalah langkah awal agar terhindar dari setrum listrik di sekitar.

2. Cabut Semua Peralatan Listrik dari Stop kontak

Setelah mematikan MCB segeralah untuk mencabut semua colokan peralatan listrik dari stop kontak.

Halaman
123
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Wulan Kurnia Putri
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved