Cuaca Buruk, Keberangkatan Kapal Jepara-Karimunjawa Ditunda

Akibanya, dua kapal yaitu KMP. Siginjai dan KM. Express Bahari 3F yang berada di Jepara saat ini mengalami penundaan keberangkatan

Cuaca Buruk, Keberangkatan Kapal Jepara-Karimunjawa Ditunda
KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO
ilustrasi.KM Binaiya milik PT Pelni yang membawa wisatawan menikmati liburan dalam program 'Let's Go Karimun Jawa' 18-20 Juli 2015. Kapal ini memiliki kapasitas penumpang mencapai 1.000 orang. 

TRIBUNNEWS.COM - Aktivitas pelayaran di Karimun Jawa pada Sabtu (4/1/2020) mengalami gangguan akibat terjadi cuaca buruk di wilayah Karimunjawa Jawa Tengah dalam beberapa hari terakhir.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) kelas III Karimunjawa, Ansori mengatakan hari ini di wilayah Jepara terjadi cuaca buruk.

Akibanya, dua kapal yaitu KMP. Siginjai dan KM. Express Bahari 3F yang berada di Jepara saat ini mengalami penundaan keberangkatan sampai cuaca memungkinkan untuk berlayar.

Baca: BMKG: Daftar Daerah Diprediksi Hujan Lebat, Angin Kencang dan Petir, Hari Ini Sabtu 4 Januari 2020

"Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan penumpang tujuan Jepara di Pelabuhan Karimunjawa, hari ini ada kapal Pelni KM. Kelimutu tujuan Semarang dengan kapasitas 920 orang disiagakan untuk mengangkut penumpang dari Karimunjawa," kata Ansori dalam keterangannya, Sabtu (4/1/2020).

"Jadi para penumpang diarahkan untuk naik kapal KM. Kelimutu mengingat jadwal kedatangan kapal dari Jepara yang belum pasti menunggu cuaca membaik," sambungnya.

Baca: Operasi TMC Sebagai Solusi Banjir Jabodetabek

Ansori mengatakan, bila kapal tidak jadi berangkat maka tiket penumpang bisa dikembalikan (refund) atau bisa dijadwalkan ulang (reschedule) untuk keberangkatan kapal berikutnya mengingat pelayanan tiket sudah menggunakan sistem online.

"Penundaan keberangkatan kapal juga diinformasikan serta merta di media sosial operator kapal dan dipapan pengumuman sehingga diharapkan para penumpang dapat memantau terus informasi yang disampaikan oleh operator kapalnya," terang Ansori.

Senada dengan yang disampaikan oleh Ansori, Kepala Kantor UPP Kelas II Jepara, Tri Jotho menyampaikan permohonan maaf jika terjadi penundaan kapal karena alasan keselamatan pelayaran seperti yang terjadi hari ini.

"Laporan hari ini dari BMKG, cuaca kurang baik sehingga KMP. Siginjai dan KM. Express Bahari 3F ditunda keberangkatannya ke Karimunjawa. Berdasarkan laporan kapal MT. Total Energi ke SROP Jepara ketinggian ombak mencapai 3 meter dan kecepatan angin lebih dari 20 Knot," jelas Tri Jotho.

Informasi juga didapatkan dari Nakhoda kapal KMP Kali Bodri yang menyebutkan bahwa kapal KMP. Kali Bodri kembali ke Kendal Semarang karena cuaca kurang baik.

Pihaknya mengatakan akan terus mengupdate laporan cuaca dari BMKG dan tetap melayani penumpang yang telah menunggu di Terminal Pelabuhan dan pada kesempatan ini.

"Jika ada penundaan kapal karena cuaca buruk kami mohon maaf kepada para penumpang karena kami mengutamakan faktor keselamatan pelayaran. Kiranya para penumpang dapat memahami hal ini bersama-sama karena keselamatan pelayaran merupakan tanggung jawab bersama," kata Tri Jotho.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved