Perkuat Nilai-Nilai Nasionalisme Anak Muda Indonesia Lewat Program Nasional Is Me Kemendagri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima audiensi komunitas Bentang Merah Putih dan Nasionalisme Radial (NaKal).

Perkuat Nilai-Nilai Nasionalisme Anak Muda Indonesia Lewat Program Nasional Is Me Kemendagri
Tribunnews.com/ Larasati Dyah Utami
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima audiensi komunitas Bentang Merah Putih dan Nasionalisme Radial (NaKal), Jumat (7/2/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Politik dan PUM), Bahtiar menerima audiensi komunitas Bentang Merah Putih dan Nasionalisme Radial (NaKal).

Dalam audiensi tersebut dibahas program Nasional Is Me yang digagas kedua komunitas tersebut.

Bahtiar mengatakan, di era 4.0 seperti sekarang ini, perubahan tak hanya terjadi pada aspek teknologi saja.

Namun, telah merambah hingga kehidupan masyarakat luas di Indonesia.

Karena itu, dibutuhkan pemuda yang memiliki karakter dan semangat cinta Tanah Air yang kuat dalam diri generasi muda yang tujuannya agar para anak muda ini terus bersemangat dalam membangun bangsa Indonesia.

Baca: Kemendagri Tunggu Sikap Jokowi soal Wacana Pemulangan Warga Eks ISIS ke Indonesia

“Nasional Is Me kami rancang berdasarkan arahan Mendagri Tito Karnavian dan diharapan dapat memperkuat nilai-nilai nasionalisme dalam diri anak muda Indonesia hingga ke akar,” ujar Bahtiar di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Kepala Puspen Kemendagri tersebut berharap melalui Pancasila dapat menjadi pondasi kuat dalam membangun karakter bangsa lewat program ini.

Program Nasional Is Me juga merupakan bentuk dukungan Kemendagri terhadap program BPIP dan Kemenkopolhukam dalam rangka penguatan nilai Pancasila.

Ketua pelaksana Nasional Is Me, Yohana Elizabeth Hardjadinata mengatakan banyak anak muda di Indonesia terpapar arus informasi lantaran tidak bisa membedakan informasi hoaks atau bukan.

Baca: Cara Kemendagri Cegah Pemilih Ganda di Pilkada 2020

Sehingga, banyak dari mereka menjadi sasaran empuk terpapar paham radikalisme melalui media sosial.

“Generasi muda yang tak bisa bedakan informasi hoaks dan bukan yang kemudian menjadi sasaran empuk penyebar paham radikalisme dan berisiko menggerus nilai-nilai luhur Pancasila,” katanya.

Nasional Is Me sendiri akan disosialisasikan kepada generasi muda melalui acara talkshow yang akan diselenggarakan di 22 perguruan tinggi di Jabodetabek.

Baca: Kemendagri Serahkan Soal Keraton Agung Sejagad ke Kepolisian

Yohana mengatakan, talkshow tersebut akan membahas topik-topik berkaitan dengan wawasan kebangsaan, pengamalan nilai Pancasila dan cinta tanah air.

“Selama satu tahun talkshow Nasional Is Me akan diadakan. Program ini akan dimulai 10 Februari 2020 di Universitas Kristen Krida Wacana Jakarta,” ujarnya.

Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved