Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah

Pemerintah Minta Arab Saudi Izinkan WNI yang Sudah Tiba di Tanah Suci Jalankan Ibadah Umrah

Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah berkomunikasi dengan Kerajaan Arab Saudi terkait penghentian sementara izin pelaksanaan umrah

Pemerintah Minta Arab Saudi Izinkan WNI yang Sudah Tiba di Tanah Suci Jalankan Ibadah Umrah
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamie (27/2/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah telah berkomunikasi dengan Kerajaan Arab Saudi terkait penghentian sementara izin pelaksanaan umrah dan ziarah ke Masjid Nabawi.

Muhadjir mengatakan pemerintah Indonesia telah meminta pemerintah Arab Saudi untuk mengizinkan warga negara Indonesia (WNI) yang terlanjur tiba di tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah.

"Pemerintah Indonesia telah melakukan komunikasi dengan pemerintah Kerajaan Arab Saudi antara lain agar jemaah yang sedang melakukan ibadah dapat melanjutkan ibadah atau ziarahnya," ujar Muhadjir di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamie (27/2/2020).

"Kedua agar yang sudah terlanjur atau akan mendarat supaya diizinkan melanjutkan ibadah ataupun ziarah," tambah Muhadjir.

Muhadjir mengatakan pemerintah Indonesia sepenuhnya memahami kebijakan yang diambil pemerintah Arab Saudi ini.

Baca: Pernyataan Lengkap Penangguhan Sementara Kegiatan Umrah, Ziarah, dan Wisata ke Arab Saudi

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk melindungi jemaah umrah dari virus corona.

"Pemerintah indonesia memahami bahwa keputusan tersebut diambil dengan pertimbangan kepentingan kesehatan umat yang lebih besar terutama para jemaah umroh dan ziarah," tutur Muhadjir.

Keputusan ini diambil setelah Rapat Tingkat Menteri (RTM) yang dipimpin oleh Muhadjir.

Rapat tersebut dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Fachrul Razi, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca: Garuda: Penangguhan Visa Umrah Pasti Timbulkan Kerugian

Halaman
123
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved