Virus Corona

RSUP Persahabatan Rawat 17 Pasien di Ruang Isolasi Diduga Terjangkit Virus Corona

Ia menuturkan, seluruh pasien tersebut memiliki gejala sakit mirip pasien yang terjangkit virus corona. Mulai dari, demam tinggi, flu, sesak nafas

Igman Ibrahim/Tribunnews.com
RSUP Persahabatan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Tim Dokter Perawat Covid-19 RSUP Persahabatan, Dr. dr. Erlina Burhan, MSc, Sp.P mengatakan, pihak rumah sakit telah merawat sebanyak 17 orang pasien dalam pengawasan terkait virus corona hingga Sabtu (7/3/2020) hari ini.

Diketahui, jumlah itu bertambah 7 orang dari data sebelumnya pada Kamis (5/3/2020).

"Saat ini ada 17 yang akhirnya kita rawat karena masuk kriteria Pasien Dalam Pengawasan," kata Erlina saat ditemui di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Sabtu (7/3/2020).

Baca: WHO Peringatkan Negara yang Tak Serius Hadapi Wabah Corona

Ia menuturkan, seluruh pasien tersebut memiliki gejala sakit mirip pasien yang terjangkit virus corona. Mulai dari, demam tinggi, flu, sesak nafas hingga batuk-batuk.

Erlina mengatakan, sebagian pasien yang jatuh sakit memiliki riwayat berpergian ke wilayah atau negara pandemik virus corona.

Sebagiannya lagi, diketahui pernah berkontak langsung dengan pasien yang positif terjangkit virus Covid-19.

Baca: 3 Penumpang Kapal MV Seven Star Suhu Tubuhnya Meningkat, Kemungkinan Kelelahan dalam Perjalanan

"Yang 17 pasien dalam pengawasan kita rawat di ruang isolasi yang bertekanan negatif," ungkap dia.

Di sisi lain, Erlina menambahkan, bertambahnya pasien secara signifikan itu dikarenakan kondisi RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara, yang telah penuh. Walhasil, pihaknya mendapat kebanjiran pasien rujukan.

Baca: Suspect Corona Bandung Kontak dengan Pasien Corona Depok

"Karena RSPI penuh, dikirim ke RSUP Persahabatan. Dan ternyata banyak yang dikirim, buktinya kita sudah 17 orang pasien dalam pengawasan," pungkasnya.

Diketahui, seluruh pasien tengah akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan apakah terjangkit virus corona atau tidak. Pemeriksaan dilakukan hingga dua tahap dalam beberapa hari ke depan.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved