Breaking News:

Virus Corona

BNPB dan Dewan Masjid Indonesia Ajak Umat Muslim Bawa Sajadah Sendiri untuk Cegah Virus Corona

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau kepada umat muslim agar membawa sajadah atau alas untuk sujud saat salat.

TRIBUNNEWS/IGMAN IBRAHIM
Kepala BNPB Doni Monardo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengimbau kepada umat muslim agar membawa sajadah atau alas untuk sujud saat salat.

Saran serupa juga dianjurkan oleh Dewan Masjid Indonesia.

Menurutnya, hal itu untuk menghindari adanya potensi penularan virus Corona (Covid-19), kuman atau bakteri jahat lain yang dapat merugikan tubuh saat melakukan salat, terutama pada saat sujud.

Doni mengatakan ada potensi terjadi penularan dari tempat sujud umat muslim ketika melakukan ibadah, khususnya apabila hal itu di masjid di tempat-tempat umum.

Oleh karena itu, Doni meminta agar umat muslim selalu membawa perlengkapan salat secara mandiri dan tidak perlu khawatir.

“Kita semua tahu, saat sujud mulut dan hidung kita bersentuhan dengan tempat sujud. Kalau ada orang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian ada yang salat di tempat yang sama bisa menular,” kata Doni dalam keterangan resmi BNPB pada Minggu (8/3/2020).

Sajadah motif warna biru, tasbih dan kopiah berwarna hitam berada di lantai Kamar TA 01, Jalan AH Nasution No 114, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik, Kota Bandung.
Sajadah motif warna biru, tasbih dan kopiah berwarna hitam berada di lantai Kamar TA 01, Jalan AH Nasution No 114, Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik, Kota Bandung. (TRIBUNJABAR.CO.ID/ERY CHANDRA)

Doni juga nengimbau petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau untuk selalu melakukan upaya sanitasi siaga untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala yang berada di tempat umum.

Sejumlah upaya tersebut diantaranya menjaga kebersihan lantai masjid atau musala dengan cairan disinfektan.

Kemudian menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin menggunakan vacum cleaner atau alat pembersih lain.

Selanjutnya meminta jamaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh.

Selain itu menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfektan.

Ashari sedang membersihkan karpet masjid di usaha laundrynya, Padangan Piyungan Bantul, Senin (15/6/2015)
Ashari sedang membersihkan karpet masjid di usaha laundrynya, Padangan Piyungan Bantul, Senin (15/6/2015) (Tribun Jogja/ IST)

Terakhir, ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus Covid-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid atau musala.

Selain itu Doni juga mengingatkan agar masyarakat selalu menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

“Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus Corona dan penyakit lain,” kata Doni.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved